Tim MHF Gembleng Barista Milenial

Pecinta kopi Kendal saat mengikuti pelatihan barista yang digelar MHF, Jumat (23/10/2020).

 

HALO KENDAL – Mochamad Herviano Foundation (MHF) mengadakan pelatihan Barista Milenial, kepada para pecinta kopi dari berbagai komunitas di Kendal, Jumat (23/10/2020).

Pelatihan yang diikuti 30 peserta digelar di sebuah cafe yang ada di Desa Karanggayu, Kecamatan Cepiring, dibimbing oleh barista berpengalaman dari Kabupaten Semarang.

Lucky Chairul Umam, dari Tim Barista MHF Kabupaten Semarang mengatakan, pada pelatihan yang pesertanya kaum milenial ini diberi pengetahuan mengenal karakter kopi dengan baik dan benar.

Di samping itu, peserta juga diberikan pemahaman tentang pemberdayaan kopi dari hulu sampai hilir. Bahkan menurutnya, sampai tingkat profesional.

“Generasi milenial harus tahu tentang proses perjalanan kopi. Dari pemberdayaan petani dalam mengolah tanaman kopi, sehingga bisa menghasilkan kopi yang berkualitas,” terang Lucky.

Dikatakan, tujuan pelatihan ini utamanya adalah menciptakan kader barista di Kendal, agar bisa ditularkan kepada teman-temannya.

“Oleh karena materi utamanya adalah tentang teknik pengolahan dan penyajian kopi secara profesional,” jelas Lucky.

Harapannya, setelah pelatihan ini bisa membuka kedai kopi atau cafe sendiri, sehingga bisa menjadi sumber penghasilan.

“Jika banyak usaha kedai atau cafe yang profesional, maka para petani kopi bisa maju dan sejahtera dan akan mengangkat kualitas kopi lokal Kendal,” imbuhnya.

Senada diungkapkan Koordinator Pecinta Kopi Kendal, Ahmad Saifuddin. Menurutnya, setelah pelatihan ini para peserta bisa mengerti cara mengolah kopi secara profesional.

“Oleh karena itu setelah pelatihan ini akan terus belajar bersama-sama supaya benar-benar menguasai keahlian barista. Harapannya ke depan ada yang membuka usaha kedai kopi, bahkan cafe yang profesional,” ungkapnya.

Dalam pelatihan Barista MHF ini, masing-masing peserta juga mendapat bantuan seperangkat peralatan untuk meracik kopi.

“Peralatan tersebut bisa digunakan untuk berlatih cara meracik kopi sendiri di rumah supaya mahir dan siap membuka kedai kopi,” pungkas Saifudin.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.