in

Tim Keluhkan Main Malam di Liga 1

Direktur Operasional PT LIB Sudjarno (Foto: Gonang Susatio)

HALO SPORT – Pertandingan di malam hari ternyata kurang diminati tim-tim peserta Liga 1 2022/2023. PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator liga menerima keluhan tim terkait adanya jadwal pertandingan dengan kick-off pukul 20.30 WIB.

Pertandingan yang digelar di malam ini sesungguhnya sudah menjadi rutinitas. Turnamen pramusim Piala Presiden 2022 pun menggelar pertandingan pada pukul 20.30 WIB.

Terakhir laga semifinal pertama PSS Sleman melawan Borneo FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (7/7/2022) dilaksanakan pada malam hari. Sedangkanlaga semifinal lainnya saat PSIS Semarang kalah 2-1 dari Arema FC digelar pada sore hari.

Dalam draf jadwal Liga 1 yang dikirim ke klub peserta, PT LIB tetap mengadakan pertandingan di malam hari. PSIS yang mendapat giliran bermain di malam hari saat menjamu tim promosi Rans Nusantara FC pada pekan pertanma, Sabtu (23/7/2022). Pertandingan itu sendiri digelar pada pukul 20.30 WIB.

Pada hari berikutnya, Minggu (24/7/2022), laga Bhayangkara FC melawan Persib Bandung digelar pada pukul 20.45 WIB. Dan di hari Senin (25/7/2022), Persikabo 1973 menjamu Persebaya Surabaya pukul 20.30 WIB.

Direktur Operasional PT LIB Sudjarno menuturkan adanya klub yang mengeluhkan pertandingan di malam hari. Selain itu, mereka meminta jadwal dua kali away untuk direvisi.

“Ada keluhan dari klub terkait jadwal pertandingan pukul 20.30 WIB. Mereka mengeluh karena selalu bermain di jam itu. Ada pula klub yang tak ingin langsung menjalani dua away secara berturut-turut,” kata Sudjarno di Sleman.

“Untuk jadwal di malam hari, kami akan berkomunikasi dengan pihak broadcast yang menyiarkan pertandingan secara langsung. Yang jelas, jadwal sudah disusun sedemikian rupa sehingga sangat memperhatikan fairness. Namun kami tetap meminta masukan dari klub. Dari masukan itu, kami mendiskusikan lagi dengan federasi dan pihak broadcast,” ucap dia.

Menurut Sudjarno penyusunan jadwal kompetisi sudah mempertimbangkan berbagai agenda dari FIFA, AFC maupun AFF dan turnamen Piala Indonesia. Dengan demikian, kompetisi tidak akan mengganggu agenda tim nasional.

“Agenda FIFA, AFC dan AFF karena terkait dengan pertandingan timnas menjadi pertimbangan dalam penyusunan jadwal. Kompetisi tidak akan mengganggu timnas,” ujar Sudjarno.

Kompetisi Liga 1 juga tidak sepenuhnya libur saat penyelenggaraan Piala Dunia 2022 pada November sampai Desember. Sudjarno memastikan pertandingan liga domestik akan digelar saat ada jeda Piala Dunia 2022 Qatar.

“Saat tidak ada pertandingan, kompetisi akan bergulir kembali. Dari jadwal Piala Dunia, ada dua pekan tanpa pertandingan sehingga liga bisa dimainkan. Jadi liga tidak total berhenti selama Piala Dunia,” katanya.

“Target kami kompetisi selesaui 16 April 2023 atau sebelum hari Raya,” ujar Sudjarno memungkasi. (HS)

Perumda Tirta Gemilang Kabupaten Magelang Distribusikan Hewan Kurban untuk Masyarakat Sekitar Sumber Mata Air

Bupati Kebumen Buka Lagi Car Free Day setelah 3 Tahun Ditiadakan karena Pandemi