Halo Semarang
Take a fresh look at your lifestyle.

Tiket Pesawat Mahal, Pemudik Pilih Gunakan Kapal Laut

Calon penumpang kapal laut membeli tiket kapal Pelni di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

 

HALO SEMARANG – Mahalnya harga tiket pesawat di sejumlah maskapai penerbangan, membuat pemudik lebih memilih menggunakan jasa transportasi laut. Beberapa calon pemudik beralasan, menjelang Lebaran tahun ini harga tiket pesawat masih tinggi.

Salah satu calon penumpang Lilik (45) saat mengantre membeli tiket kapal laut di loket PT Pelni mengatakan, Lebaran tahun ini dia akan mudik dengan kapal laut ke Kupang. Meski dibandingkan dengan pesawat, kapal laut lebih lama waktunya untuk sampai ke tujuan.

Namun karena harga tiket pesawat sangat mahal, lamanya perjalanan bukan menjadi masalah.

“Kalau enaknya pesawat, lebih cepat sampai ke tujuan. Tapi karena harga tiket mahal jelang hari besar seperti Lebaran tahun ini, saya pilih membeli tiket kapal laut tujuan Kupang. Berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Jadwal keberangkatan pada 26 Mei 2019 besok, biasanya baru sampai Kupang, butuh waktu 6 hari ke depan,” katanya, Rabu (22/5/2019).

Lilik menambahkan, harga tiket Surabaya tujuan Kupang, untuk tiket dewasa Rp 400 ribu per orang, anak-anak harga tiketnya Rp 200 per orang, dan balita harga tiketnya Rp 48 ribu/orang.

“Dibandingkan dengan tiket pesawat, tiket ini lebih murah. Jadi Lebaran tahun ini kami memilih pakai kapal laut aja, biar perjalanan lama tapi tetap bisa bertemu dengan keluarga besar di kampung halaman,” katanya.

Sementara itu, Kepala PT Pelni Cabang Semarang, Suprihatin mengatakan, adanya pengaruh positif bagi Pelni dari dampak kenaikan harga tiket pesawat saat ini.

Dari perhitungan pihaknya ada kenaikan 35 persen jumlah penumpang yang menggunakan jasa transportasi laut, kapal Pelni.

“Kami juga terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan yang makin baik bagi penumpang, seperti perbaikan fasilitas di kapal agar penumpang nyaman dan aman,” terangnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang