Tiga TPU di Kota Semarang Telah Overload

Salah satu TPU milik Pemerintah Kota Semarang, yakni TPU Bergota di Kelurahan Randusari, Semarang Selatan.

 

HALO SEMARANG – Kebutuhan lahan pemakaman di Kota Semarang saat ini bisa dibilang sangat tinggi. Tingkat hunian atau okupansi tempat pemakanan umum (TPU) milik Pemkot Semarang sekitar 10 sampai 70 persen dari luasan lahan.

Bahkan, ada tiga TPU yang overload, yakni TPU Trunojoyo, TPU Sompok, dan TPU Bergota, Randusari.

Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang, Murni Ediati menjelaskan, saat ini tingginya pengembang perumahan menuntut pengembangan fasilitas umum yang juga ikut meningkat, tak terkecuali tempat pemakaman.

“Sayangnya banyak pengembang perumahan yang tidak mau dan enggan menyediakan lahan pemakaman,” katanya, Jumat┬á (12/3/2021).

Pipie, sapaan akrabnya menduga, pengembang enggan menyediakan lahan pemakaman karena dianggap tidak menguntungkan.

Selain itu, juga banyak pembeli yang tidak mau tinggal berdekatan dengan makan.

“Kondisi ini membuat lahan pemakaman menjadi terbatas, bahkan ada yang overload,” jelasnya.

Total ada 17 TPU yang dimilki Pemerintah Kota Semarang, misalnya TPU Kembangarum, TPU Tawangalik, Ngadirgo, Palir, Jatisari, Tugurejo, Jabungan, Kedungmundu dan laiannya.

Saat ini tingkat ketersediaan lahan pemakanan berkisar 10 sampai 70 persen saja dari total lahan.

“Untuk TPU Bergota, TPU Trunojoyo, dan TPU Sompok telah mengalami overload,” paparnya.

Agar ketersedian lahan tetap sejalan dengan pembangunan perumahan, Disperkim terus mensosialisasikan Perda Kota Semarang no 6 Tahun 2015 tentang Penyediaan, Penyerahan, Dan Pengelolaan Prasarana, Sarana, dan Utilitas Kawasan Perumahan, Kawasan Perdagangan san Jasa, serta Kawasan Industri, terutama kepada pengembang perumahan.

“Kita wajibkan┬ápengembang menyediakan lahan seluas dua persen dari luas lahan sesuai rencana perumahan,” katanya.

Pandemi ini, lanjut Pipie, membuat Disperkim mengambil keputusan TPU yang dikelola Pemkot Semarang dijadikan persediaan lahan pemakaman Covid-19, meskipun memiliki TPU Jatisari menjadi TPU terluas.

Yakni memiliki luasan lahan sekitar 13 hektare. Selain itu, pihaknya mengaku jika Disperkim juga tidak melayani pemesanan untuk tempat makam.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.