Tiga Ruas Jalan Wonogiri Akan Diperbaiki

Foto : Wonogirikab.go.id

 

HALO WONOGIRI – Tiga ruas jalan di Kabupaten Wonogiri, yakni Kecamatan Kecamatan Tirtomoyo, Pracimantoro, dan Jatiroto, tahun ini akan diperbaiki dengan anggaran Rp 30 Miliar dari Dana Alokasi Khusus dari Pemerintah Pusat dan Bantuan Gubernur Jateng.

Ruas jalan yang akan diperbaiki, berada di Kecamatan Tirtomoyo, Pracimantoro dan Jatiroto. Urutan pengerjaan ketiga ruas jalan tersebut, berdasarkan prioritas, yang pertama adalah ruas Jalan Pracimantoro-Sumberagung di Kecamatan Pracimantoro, kedua adalah ruas jalan Dlepih-Hargosari di Kecamatan Tirtomoyo, kemudian ruas jalan Tirtomoyo-Jatiroto yang menghubungkan dua kecamatan itu.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri, Didik Sudarmaji, seperti dirilis Wonogirikab.go.id, mengatakan ruas jalan Dlepih-Hargosari yang diperbaiki, panjangnya 2.000 meter.

Ruas jalan Pracimantoro-Sumberagung sepanjang 10.100 meter, dan ruas jalan Tirtomoyo-Jatiroto sepanjang 7.000 meter.

Didik mengatakan anggaran untuk perbaikan ruas jalan Dlepih-Hargosari senilai Rp 8,4 miliar dari DAK.

“Ruas Jalan Pracimantoro-Sumberagung, dananya Rp 11 miliar dari Bangub Jateng. Sementara ruas jalan Tirtomoyo-Jatiroto diperbaiki dengan dana Rp 10,2 miliar dari Bangub Jateng,” kata dia, Senin (22/3)

Didik menjelaskan perbaikan atau peningkatan jalan Pracimantoro-Sumberagung, diikuti pelebaran badan jalan. Aspal badan jalan yang saat ini hanya empat meter akan diperlebar menjadi lima meter. Jalan di Pracimantoro, Wonogiri, yang diperbaiki itu berada di perbatasan Provinsi Jateng dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Pelebaran itu dilakukan untuk mengimbangi Jalan Lintas Selatan [JLS] yang saat ini sudah lebar. Selain itu ruas jalan itu juga menjadi akses menuju tempat wisata,” katanya.

Dengan ada pelebaran jalan itu, Didik berharap ruas jalan Pracimantoro-Sumberagung bisa dilalui mobil ukuran besar, minimal bisa dijangkau minibus. Jalan itu nantinya akan mempermudah kendaraan ketika bersimpangan. Selama ini ketika ada truk dan mobil bersimpangan kerap kesulitan.

“Untuk perbaikan jalan Tirtomoyo-Jatiroto dengan memapras beberapa lokasi tanjakan agar tidak terlalu curam. Jadi tanjakan yang cukup curam akan diperbaiki agar pengendara yang melintas juga nyaman,” kata Didik. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.