Tiga Desa di Karanganyar Gelar Pilkades Bulan Ini

Pelaksanaan Pilkades Antarwaktu di Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso. (Foto : Karanganyarkab.go.id)

 

HALO KARANGANYAR – Tiga desa di Kabupaten Karanganyar, bulan ini menyelenggarakan pemilihan kepala desa secara antarwaktu. Pemilihan tersebut digelar, karena di tiga wilayah tersebut selama ini hanya dipimpin pejabat kades.

Kepala Seksi (Kasi) Aparatur Pemerintahan Desa dan Lembaga Desa Dispermades Karanganyar, Anung Darmawan, menyebutkan wilayah yang menyelenggarakan pemilihan tersebut, adalah Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso; Desa Kebak, Kecamatan Jumantono; dan Desa Tlobo, Kecamatan Jatiyoso.

Pilkades antarwaktu di Desa Girimulyo, telah berlangsung, Kamis (8/4). Adapun untuk pilkades di Desa Kebak, akan dilaksanakan 12 April 2021 dan di Desa Tlobo, 20 April 2021.

Desa Kebak dan Tlobo melangsungkan pilkades, karena kepala desanya meninggal. Adapun di Desa Girimulyo, pemilihan dilangsungkan karena kepala desa sebelumnya menjalani hukuman.

Anung Darmawan, menjelaskan secara teknis, pilkades antarwaktu tidak diikuti oleh semua warga. Para calon kades dipilih oleh badan permusyawaratan desa (BPD), tokoh masyarakat, dan unsur masyarakat lain yang memiliki hak suara.

“Ini masuk tahap pelaksanaan. Tidak seperti pilkades reguler. Hanya perwakilan warga yang memilih. Perinciannya Girimulyo 64 orang, Kebak 53 orang, dan Tlobo 69 orang. Semua perangkat desa mempunyai hak pilih, kecuali penanggung jawab Pj kades. BPD juga semua. Rata-rata BPD per desa itu tujuh orang,” , seperti dirilis Karanganyarkab.go.id.

Anung juga mengatakan, seusai pemilihan, panitia membuat berita acara. Berdasarkan hasil berita acara pemungutan suara, panitia kemudian melakukan penetapan.

Selanjutnya panitia melaporkan hasil pilkades tersebut ke BPD dan dari BPD diserahkan ke Bupati. “Bupati selanjutnya melakukan pelantikan, kurang lebih 14 hari. Untuk masa jabatannya sampai 2021 awal,” kata dia.

Sementara itu, dalam Pilkades Antarwaktu di Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kamis (08/04), keluar sebagai pemenang, Ponco Adi Prasetyo (32).

Lulusan sebuah SMK di Karanganyar tersebut, memperoleh 41 suara, mengalahkan Sri Wiyono AMd, yang memperoleh 20 suara dan Sugiyono SAg yang memperoleh 3 suara. Adapun pilkades yang diselenggarakan di Balai Desa Girimulyo tersebut, diikuti 64 pemilih. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.