in

Tiga ABK KMP Kalibodri Positif, Pelabuhan Kendal Ditutup

Penutupan Pelabuhan Kendal, mulai hari ini Rabu (23/6/2021) sampai dengan Senin (28/6/2021).

 

HALO KENDAL – Dalam rangka mencegah penularan Covid-19, akses menuju Pelabuhan Kendal untuk sementara ditutup. Penutupan ini berlaku mulai Rabu (23/6/2021) hingga Senin (28/6/2021).

Kasubag TU Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pelabuhan Penyeberangan Kendal, Yavie Rahmawan Hidayatullah mengatakan, selama penutupan, Pelabuhan Kendal bersih dari aktivitas masyarakat dan aktivitas perkapalan.

“Selain itu, semua sisi-sisi bangunan perkantoran di pelabuhan dilakukan penyemprotan desinfektan,” ujarnya, Rabu (23/6/2021).

Dijelaskan, penutupan dilakukan, setelah ditemukannya tiga Anak Buah Kapal KMP Kalibodri, yang terpapar Covid-19 dan saat ini sudah menjalani isolasi mandiri.

“Penutupan pelabuhan ini menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Bupati Kendal Nomor 443.5/1876/2021, tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kendal,” ungkap Yavie.

Dijelaskan, dengan penutupan aktivitas ini, kegiatan kepelabuhanan sementara off. Aktivitas masyarakat juga bersih di wilayah pelabuhan.

“Kebetulan KMP Kalibodri juga masih dalam pemeliharaan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sampai pertengahan Juli nanti. Jadi tidak masalah,” jelasnya.

Menurut Yavie, semua pintu masuk menuju pelabuhan ditutup dan dijaga ketat oleh petugas.

Hal ini bertujuan, untuk mengantisipasi masyarakat yang hendak jalan-jalan ataupun mancing di sekitar pelabuhan.

“Kantin-kantin di dalam perkantoran pelabuhan pun ikut kami tutup, dan kita minta pindah di luar pelabuhan dulu. Kita antisipasi agar tidak terjadi kerumunan pengunjung di dalam pelabuhan,” ujarnya.

Namun demikian, lanjut Yavie, untuk semua pegawai pelabuhan, masih masuk dan dibagi dalam tiga shift. Sehingga tidak banyak kegiatan tatap muka antar pegawai.

“Karana Dishub sedang WFH, maka untuk pelayanan KIR mobil, terminal angkutan dan pelabuhan penyebrangan pun ditutup sementara,” pungkasnya.(HS)

Share This

Abdul Malik Terpilih Sebagai Ketua Paguyuban Kepala Desa Se-Kendal

Hendi Ajak Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Konvalesen