Tidak Pakai Masker Di Kendal, Didenda Minimal Rp 50 Ribu Maksimal Rp 200 Ribu

Rapat koordinasi Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kendal, Senin (21/9/2020).

 

HALO KENDAL – Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kendal, mensosialisasikan pemberlakuan Perbup 67 tahun 2020, terkait tentang Sanksi Bagi Pelanggar Yang Tidak Menggunakan Masker.

Sosialisasi dipimpin oleh Sekda, Muh Toha dan dihadiri Wakapolres Kendal, Kompol Sumiarta, Kasdim 0715/Kendal, Mayor Inf Sukamto, Kadishub, Suharjo, Kadisdikbud, Wahyu Yusuf Akhmadi, Kasatpolkar, Toni Ari Wibowo, dan Kadiskominfo, Wiwit Andariyono.

Sekda Muh Toha mengatakan, pertemuan ini kaitannya dengan penegakan aturan protokol kesehatan, terutama kepada para pelanggar.

Hal ini menurutnya karena melihat peningkatan jumlah warga yang terpapar Covid-19 semakin banyak, maka pemerintah Kabupaten Kendal perlu memperketat pelaksanaan Perbup nomor 67 tahun 2020.

“Biasanya peningkatan perhari rata-rata 10 orang yang positif, namun selama 2-3 hari ini meningkat dua kali lipat, mencapai 20 orang perhari,” ujar Sekda Muh Toha.

Menurutnya penegakan disiplin protokol kesehatan oleh pemerintah daerah wajib ditingkatkan dan harus ada ketegasan terkait sanksi.

“Selama ini penegakkan aturan protokol kesehatan hanya memberikan sanksi sosial berupa membersihkan lingkungan, atau dengan diminta menyanyikan lagu Indonesia Raya atau bisa juga membaca teks Pancasila. Namun dengan melihat kasus yang semakin massif, perlu ada sanksi yang lebih tegas,” ungkap Muh Toha.

Dijelaskan juga, ke depan nanti nama tim Gugus Tugas yang sudah berjalan selama ini akan diubah menjadi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di daerah.

Hal ini, menurut Muh Toha sesuai dengan Surat Edaran Mendagri kepada Gubernur dan Bupati/Wali Kota Nomor 440/5184/SJ, tanggal 17 September 2020.

Menurutnya, nama Gugus Tugas di pusat sudah diubah, namun surat tersebut baru beberapa hari turun di Kendal. Sehingga sampai hari ini masih menggunakan nama tim Gugus Tugas sampai keluarnya surat keputusan perubahan menjadi Satgas.

Dijelaskan, ke depan salah satu tugas Satgas Penanganan Covid-19 daerah yakni membentuk Satgas tingkat kecamatan dan desa/kelurahan.

“Serta meminta camat untuk mengkoordinasikan pembentukan satgas penanganan Covid-19 tingkat desa, dusun, RT/RW, sesuai dengan kebutuhan, karakteristik dan kearifan lokal daerah,” jelas Muh Toha.

Terkait dengan denda administrasi sesuai dengan Perbup 67 tahun 2020, di Pasal 19 dan 20, pelanggar perorangan didenda maksimal Rp 200 ribu.

Kemudian untuk kelompok atau perseroan dengan denda maksimal Rp 500 ribu.

“Sementara ini kita menjalankan denda sebesar Rp 20.000. Dan sampai saat ini sudah terkumpul Rp 12 juta pendapatan dari denda. Tapi dari hasil pengamatan kami, kesadaran masyarakat masih perlu ditingkatkan,” terang Muh Toha.

Nantinya, tempat-tempat tertentu yang bisa menimbulkan klaster, seperti di pasar-pasar atau warung-warung kaki lima, kemungkinan besar bisa terjadi penularan.

Oleh karena itu pihaknya akan memperketat pengawasan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, tempat cuci tangan, jaga jarak dan sebagainya di tempat tempat tersebut.

“Untuk denda akan kami naikkan minimal sebesar Rp 50.000 atau bisa lebih, sesuai dengan batasan dalam Perbup 67 tahun 2020,” imbuhnya.

Kemudian, lanjut Muh Toha, pihaknya juga akan melaksanakan penegasan terkait jam malam. Selama ini jam malam itu memang diatur dengan surat edaran bupati dan belum ada peraturannya.

“Tadi kita sepakati bersama bahwa jam malam kita batasi sampai pukul 21.30 malam,” ujarnya.

Sekda Muh Toha juga mengingatkan kepada masyatakat Kabupaten Kendal untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Apalagi peningkatan warga yang terpapar Covid-19 semakin banyak.

“Dari release yang diupdate oleh dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, yang positif sudah mencapai 768 orang. Dari angka tersebut 553 dinyatakan sembuh, dirawat 168 dan 47 orang meninggal dunia,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.