in

Tiba di Tanah Air, Presiden Jokowi pun Langsung Jalani Karantina

Presiden Joko Widodo tiba di Indonesia, Jumat (05/11). (Foto: Setkab.go.id)

 

HALO SEMARANG – Presiden Joko Widodo menjalani karantina mandiri, setiba kembali ke Tanah Air, dari kunjungannya menghadiri KTT G20 dan ke sejumlah negara lain.

Kepala Sekeretariat Presiden, Heru Budi Hartono, menjelaskan bahwa sesuai aturan yang berlaku, setiap warga negara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari perjalanan luar negeri, diwajibkan menjalani karantina.

“Oleh karenanya, Bapak Presiden meminta kepada kami, agar tidak perlu ada penjemputan, karena setibanya di tanah air, Bapak Presiden akan langsung melaksanakan karantina mandiri, di Istana Kepresidenan Bogor dengan perangkat melekat,” ucap Heru, seperti dirilis Setkab.go.id.

Selama menjalani karantina, kata Heru, Presiden akan tinggal terpisah dari keluarganya di Wisma Bayurini, sesuai prosedur tempat karantina.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito, membenarkan bahwa Presiden akan melaksanakan karantina mandiri.

“Kami, Satuan Tugas Penanganan Covid-19, memberikan diskresi kepada pejabat setingkat menteri ke atas untuk melaksanakan karantina mandiri,” ucap Ganip, sebagaimana dilansir Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (05/11).

Ganip menjelaskan bahwa meski Presiden melaksanakan karantina mandiri, tetap diwajibkan tes PCR setibanya di tempat karantina, wajib menggunakan masker, dan menghindari kegiatan tatap muka, serta melakukan tes PCR di hari ketiga.

Mengenai lamanya karantina, Ganip mengatakan bahwa sesuai Surat Edaran Nomor 20 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), maka pelaku perjalanan internasional yang sudah menerima vaksin dosis lengkap diwajibkan melaksanakan karantina selama 3 x 24 jam.

“Kita ketahui bahwa Bapak Presiden sudah menerima vaksin dosis lengkap, sehingga karantina yang dijalankan selama 3 x 24 jam. Setelah menjalani karantina selama tiga hari dan mendapatkan hasil negatif di kedua tes PCR, Bapak Presiden bisa beraktivitas kembali,” kata Ganip.

================

Sebelumnya,  setelah mengakhiri lawatan kerja ke luar negerinya selama tujuh hari, Presiden RI Joko Widodo, Kamis (04/11) malam pulang ke Indonesia dari Bandara Internasional Al Maktoum, Dubai, Persatuan Emirat Arab (PEA).

Selama di Dubai, Presiden Jokowi bertemu Perdana Menteri (PM) PEA dan Ruler atau Emir Dubai PEA Sheikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum (MBR). Presiden Jokowi bersama Pangeran MBR menyaksikan pertukaran sejumlah nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU), dalam berbagai bidang.

PEA merupakan negara ketiga yang dikunjungi Kepala Negara setelah sebelumnya menghadiri KTT G20 di Roma, Italia, pada 30-31 Oktober 2021, dan dilanjutkan menghadiri KTT Pemimpin Dunia COP26 di Glasgow, Skotlandia pada 1-2 November 2021. Pesawat GIA-1 yang membawa Presiden dan rombongan diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Banten, Jumat (05/11) pagi. (HS-08)

Share This

Kemensos Salurkan Bantuan Atensi Bagi 37 Penerima Manfaat di Kota Pekalongan

Jenderal Andika Calon Panglima TNI, Polri : Sinergitas TNI-Polri Tetap Terjaga