in

Tiba di Gorontalo Menag Disambut Prosesi Adat Mopotilolo

Menag Yaqut Cholil Qoumas disambut prosesi adat saat tiba di Gorontalo. (Foto : kemenag.go.id)

 

 

HALO SEMARANG – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, disambut prosesi adat Mopotilolo saat tiba di Provinsi Gorontalo.

Proses adat Mopotilolo merupakan tradisi adat masyarakat Gorontalo, dalam menyambut tamu kehormatan, yang berkunjung ke daerah berjuluk Serambi Madinah ini.

Menag dan rombongan tiba di Gorontalo, Minggu (21/5/2023) sekitar pukul 11.45 waktu setempat.

Mereka disambut Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, para tokoh adat, Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Zulkarnaen Suleman, Kakanwil Kemenag Gorontalo Muflih B Fattah dan tokoh masyarakat di VIP Bandara Gorontalo

Prosesi adat Mopotilolo, diawali dengan pengalungan kain khas Gorontalo, dilanjutkan dengan penyambutan di gerbang adat oleh sejumlah tokoh adat.

Menag Yaqut Cholil Qoumas dan rombongan, kemudian melewati gerbang yang terbuat dari bambu, diiringi tabuhan gendang dengan lagu-lagu sanjungan yang dibawakan oleh para tokoh adat.

Prosesi adat Mopotilolo ini juga sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Gorontalo kepada tamu kehormatan yang berkunjung dan bertugas ke Gorontalo.

Rangkaian acara adat Mopotilolo dilanjutkan dengan sungguhan minuman dan kue adat Gorontalo serta ucapan selamat datang di Kota Gorontalo dari para pemangku adat Provinsi Gorontalo.

“Atas nama Pemerintah Provinsi dan masyarakat Gorontalo kami sampaikan selamat datang kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di bumi Gorontalo,” kata Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, seperti dirilis kemenag.go.id.

Hadir mendampingi Menag dalam rangkaian kunjungan kerja ke Provinsi Gorontalo, Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani, Staf Ahli Abu Rochmat dan Albertus Magnus Adiyarto Sumardjono, Direktur PTKIN Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi dan Juru Bicara Menag Anna Hasbi.

Kunjungan kerja Menag ke Gorontalo dalam rangka membuka Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XVI Tahun 2023 yang akan digelar, Senin (22/5/2023) hari ini.

Pembukaan perhelatan akbar PWN 2023 digelar di Kampus 2 IAIN Sultan Amai Kabupaten Gorontalo dan akan dihadiri seribuan peserta yang berasal dari kontingen PTKN se Indonesia. (HS-08)

Bahas Deforestasi hingga Pertahanan, Jokowi Lakukan Sejumlah Pertemuan

PPIH Cek Kesiapan Maktab Layani Jemaah di Makkah