Tiap Hari Temukan Puluhan Informasi Hoax, Polda Jateng Tingkatkan Patroli Cyber

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna.

 

HALO SEMARANG – Polda Jawa Tengah terus meningkatkan patroli cyber di media sosial, sebagai upaya mengantisipasi penyebaran berita atau informasi bohong (hoax) di masyarakat.

Langkah itu dilakukan karena, setiap hari Polda Jawa Tengah menemukan puluhan berita bohong (hoax) yang tersebar di media sosial.

Kabidhumas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna mengatakan, pihaknya terus meningkatkan patroli cyber guna memantau dan mencari berita-berita hoax yang tersebar di media sosial.

Menurutnya, langkah itu dilakukan mengingat setiap harinya, arus informasi melalui media sosial yang tidak bisa dipertanggungjawabkan cukup banyak.

“Setiap harinya, rata-rata kami menemukan sekitar 30 sampai 40 berita hoax di media soail yang isinya terkait berita bohong maupun ujaran kebencian,” ujarnya di Semarang, Senin (2/11/2020).

Terkait temuan tersebut, lanjut Iskandar, pihaknya memberikan masukan kepada pimpinan dan Reserse Kriminal khusus (Reskrimsus) untuk melakukan penegakan hukum.

Selain upaya penindakan, pihaknya juga melaksanakan tindakan represif oleh Reskrimsus.

“Humas Polri juga bekerja sama dengan beberapa satuan kerja (Satker) di Polda untuk mengecek kebenaran berita itu. Kalau tidak benar kami akan meluruskan berita tersebut,” tuturnya.

Di sisi lain, Iskandar Fitriana Sutisna menambahkan, Polda Jawa Tengah telah melakukan kegiatan-kegiatan memberikan informasi kepada publik bekerja sama dengan media.

“Kami dari Humas Polri akan bekerja lebih baik, sehingga lebih profesional dalam memberikan informasi, lebih objektif, dan dipercaya masyarakat,” katanya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.