in

Tetap Waspada Hujan Deras dan Angin Kencang

Bangunan Menara Kampung Jawi di Kelurahan Sukorejo, Gunungpati Semarang roboh akobat diterjang hujan deras disertai angin kencang pada Sabtu (29/5/2021) sore.

 

HALO SEMARANG – Akibat diguyur hujan dengan intensitas deras dan disertai angin kencang pada Sabtu (29/5/2021) siang hingga sore, menyebabkan belasan pohon peneduh jalan di Kota Semarang roboh atau tumbang.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang terpantau sementara ada sebanyak 11 titik pohon tumbang/roboh.

Selain, pohon tumbang juga tercatat ada beberapa bangunan atau rumah milik warga yang mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang saat hujan deras yang berlangsung hingga sekitar tiga jam.

Sekretaris BPBD Kota Semarang, Winarsono mengatakan, hingga Minggu (30/5/2021) pagi ini, tercatat selain pohon tumbang juga ada beberapa bangunan dan rumah milik warga yang mengalami kerusakan ringan hingga berat. Pihaknya, akan segera menindaklanjuti dengan assesment atau langkah upaya penanganan darurat mendatangi lokasi tersebut.

“Bangunan yang roboh yakni sebuah menara Kampung Jawi di RW 01 Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati Semarang, rumah salah satu warga di Blok U No 24 RT 01/RW 5 dan Perum BMP Blok T No 8 RT 01/ RW 5 Kel Sadeng, Kecamatan Gunungpati. Serta sebanyak delapan rumah warga juga rusak di Jalan Silandak RT 7 RW 13 Kelurahan Purwoyoso, Kecamatan Ngaliyan, dan kerusakan bagian atap rumah di Jalan Stasiun, Kelurahan Jrakah, Kecamatan Tugu,” katanya, Minggu (30/5/2021).

Sementara itu, sejumlah pohon tumbang yang terpantau ada 11 titik di Kota Semarang. Yakni, di Jalan Untung Suropati, Hanoman, Tugu. Lalu, Ngaliyan, Jalan Simongan, Kalipancur. Kemudian, Jalan Candi Penataran Utara 3, Jalan Jatingaleh (Gombel Lama), perumnas Sampangan, dan Jalan Subali, serta Jalan Borobudur Selatan.

Sebelumnya, berdasarkan hasil analisis data dari BMKG dengan impact Based Forecast (IBF) serta BNPB dengan InaRisk, BMKG mengeluarkan Peringatan Dini Daerah Potensi risiko bencana banjir pada 29 Mei 2021.

Yang mana Kota Semarang termasuk menjadi salah satu wilayah di Jawa Tengah yang harus masuk dalam status waspada banjir. Di Jateng, selain Kota Semarang, daerah Pati, Demak, dan Grobogan yang juga masuk dalam wilayah beresiko banjir.

Sedangkan, Provinsi Jatim yakni Bojonegoro, Jember dan Tuban. Dan Jabar, yakni Bogor, Sukabumi dan Cianjur.(HS)

Share This

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Minggu (30/5/2021)

Juara Liga Champions, Chelsea, Kante, Dan Tuchel