in

Tes Psikologi Bagi Pemegang Senpi Polres Tegal

Para anggota Polres Tegal mengikuti tes psikologi, sebelum mendapat izin untuk membawa senjata api. (Foto : humas.polri.go.id)

 

HALO SEMARANG – Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun, mendatangkan Tim Psikotest Biro SDM Polda Jateng, Kamis (19/10/2023), untuk melakukan tes psikologi pada ratusan anggota Polres Tegal calon pemegang senjata api.

Sebelumnya, ratusan anggota Polres Tegal itu telah mengikuti pelatihan menembak, yang kemudian dilanjutkan dengan tes psikologi, di Aula SMKN 1 Slawi.

“Kami mendatangkan langsung tim psikotes dari Biro SDM Polda Jateng, yang akan menguji kompetensi kesehatan mental dan kepribadian bagi calon pemegang senpi,” kata Kabag SDM Polres Tegal, Kompol Andi Wasono, seperti dirilis humas.polri.go.id.

Kompol Ahmad Dartono, Psikolog Kepolisian Muda TK IV Ro SDM Polda Jateng, selaku Ketua Tim Psikotes, mengatakan pihaknya melakukan beberapa tes, seperti uji inventory, Test Intelegensi Umum (TIU) 5, kreaplin, sixteen personality factor (16 PF), dan uji grafis sebagai indikator kesehatan mental.

Ujian psikologis tersebut penting, karena salah satu syarat pemegang senjata api, adalah memiliki kesehatan mental yang baik

“Ini menjadi tahapan yang wajib diikuti setiap anggota Polri yang hendak melakukan pinjam pakai senjata api. Serangkaian tes kami gelar, sebagai screening kesehatan mental dan kepribadian, apakah anggota tersebut layak dan mampu mengemban tanggung jawab sebagai pemegan senpi,” kata dia.

Dengan adanya kesehatan mental yang baik, dia berharap tidak akan terjadi penyimpangan dari penyalahgunaan senpi yang telah dipinjam pakaikan pada anggota

Selain itu, dalam test tersebut diingatkan kembali terkait pedoman penggunaan kekuatan kepolisian yang dituangkan pada Perkap Nomor 1 tahun 2009 dengan tetap memperhatikan arahan pimpinan. (HS-08)

Analisis Badan Geologi : Gempa Cianjur Akibat Aktivitas Penujaman Sesar

Kompolnas Awasi Pengamanan Pendaftaran Peserta Pemilu 2024