Tes Pramusim MotoGP 2021 Sesuai Jadwal

Aksi dua pembalap Suzuki, Alex Rins (42) dan Joan Mir, dalam balapan musim lalu.(dok)

 

HALO SPORT – Kejuaraan MotoGP 2021 menghadapi keraguan sejak kalender dirilis pada November 2020.

Pasalnya, seluruh agenda awal musim ini dihabiskan di luar Benua Eropa yang notabene tidak dapat dilakukan pada musim 2020.

Tes pramusim akan digelar di Malaysia dan Qatar. Tiga balapan pertama direncanakan berlangsung di Qatar, Argentina, dan AS.

Agenda tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 19-21 Februari, tampaknya bakal digelar sesuai rencana. Para pembalap mendapat lampu hijau untuk terbang ke Negeri Jiran.

Protokol kesehatan ketat bakal diterapkan. Seperti dilansir dari GPOne, tidak ada kewajiban karantina selama tujuh hari, tapi pembalap dan personel tim wajib melakukan tes sebelum dan sesudah keberangkatan.

Tes pertama dengan hasil negatif harus dilakukan 48 jam sebelum keberangkatan. Tes berikutnya di bandara setelah mereka mendarat.

Pembalap dan tim harus menjalani isolasi mandiri hingga hasil tes keluar. Mereka juga akan menginap di tempat yang sama.

Semua pembalap tidak diperbolehkan meninggalkan hotel kecuali untuk sesi tes pramusim di Sirkuit Sepang yang jaraknya sekitar 12 km dari hotel.

Protokol yang lebih longgar bakal diterapkan pada tes pramusim di Sirkuit Losail, Qatar, 10-12 Maret.

Pembalap dan tim boleh memilih hotel tempat mereka menginap. Tes pramusim dan seri pembuka MotoGP Qatar akan berjalan sesuai rencana meski dengan protokol yang ketat.

Keraguan tersisa adalah dua balapan berikutnya, yakni MotoGP Argentina dan MotoGP Americas yang menjadi satu paket karena alasan logistik. AS masih mencatat angka kasus Covid-19 yang tinggi.

Jika dua balapan itu batal, MotoGP 2021 dilanjutkan dengan rangkaian seri di Benua Eropa sembari melihat peluang berkunjung ke kontinen lain.

Pandemi Covid-19 memang belum reda sehingga rencana awal bisa saja berubah. Musim ini diperkirakakan masih berjalan ketat.

Pada MotoGP 2020, gelar juara direbut Joan Mir, pembalap Suzuki Ecstar. Kalau Marc Marquez kembali fit, persaingan di lintasan akan semakin sengit.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.