in

Terseret Arus Banjir, Lansia di Sukoharjo Ditemukan Meninggal Dunia di Bantaran Sungai Weru

Proses evakuasi lansia asal Sukoharjo yang ditemukan meninggal dunia terseret arus banjir Senin (21/11/2022). (dok.Basarnas).

HALO SEMARANG – Seorang lansia warga Pulerejo RT 1 RW 9, Desa Krajan, Kecanatan Weru, Kabupaten Sukoharjo ditemukan meninggal dunia di Bantaran Sungai Weru pada Senin (21/11/2022).

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto mengatakan, korban yang bernama Ponco Madyo Slamet (85) ini bisa sampai di Sungai Weru karena terseret arus banjir ketika hujan deras pada Jumat (14/11/2022) lalu.

“Pukul 09. 45 WIB tadi Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia,” ujar Heru saat dikonfirmasi.

Dirinya menjelaskan, kejadian tersebut bermula ketika pada Jumat (14/11) sekira pukul 12.30 WIB, korban sehabis pulang dari masjid duduk di teras rumah. Kemudian, sekitar pukul 18.00 WIB turun hujan dan terjadi banjir air bah menimpa pemukiman sekitar.

“Diduga korban terseret arus saat duduk di teras dan tidak bisa menyelamatkan diri akhirnya tenggelam dan hilang,” terangnya.

Karena khawatir dengan keadaan korban, kemudian keluarganya melaporkan kejadian tersebut kepada Basarnas untuk dilakukan pencarian.

Setelah menerima laporan tersebut, kemudian pihaknya menerjunkan personel dilengkapi peralatan SAR untuk melakukan pencarian terhadap korban.

Proses pencarian tim SAR gabungan dilakukan dengan mertode susur sungai ke arah Barat Laut menuju sungai bendungan Pilang dengan jarak sekira 2,5 kilometer.

“Pencarian empat hari korban berhasil, jasad korban ditemukan 20 meter dari rumah korban,” katanya.

Dengan ditemukannnya korban, operasi SAR dinyatakan selesai dan tim yang terlibat kembali kesatunnya masing- masing.

“Jenazah korban langsung dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan dan proses pemakaman,” imbuhnya. (HS-06)

Wabup Purbalingga Minta Calon Kades Siap Menang dan Siap Kalah

Tahun Depan UMK Kota Semarang Bakal Naik Menjadi Rp 3 Juta