Terminal Gunungpati Masuk Nominasi Terminal Sehat Tingkat Nasional

Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Semarang, Tavip Supriyanto foto bersama Tim penilai lomba Terminal Sehat Tingkat Nasional.

 

HALO SEMARANG – Terminal Gunungpati Semarang menjadi salah satu terminal tipe C yang masuk ke dalam 6 besar nominasi dalam lomba Terminal Sehat Tingkat Nasional.

Terminal Gunungpati dinilai memenuhi kriteria dalam lomba terminal sehat, di antaranya karena kelengkapan sejumlah fasilitas umum yangt dinilai layak. Khususnya dalam upaya pencegahan persebaran Covid-19 di Kota Semarang.

Ketua tim Penilai, Krisnawaty K Banjarnahor menyebutkan, selain kelengkapan fasilitas umum dalam hal kebersihan dan layanan, juga adanya komitmen seluruh pengelola terminal dan pihak terkait dalam penanganan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pelayanan tersebut di antaranya penerapan protokol kesehatan seperti penyediaan wastafel di berbagai sudut lokasi, agar memudahkan calon penumpang untuk mencuci tangan, cek suhu tubuh, pengecekan kondisi kesehatan kepada seluruh petugas terminal baik di dalam armada serta kantin sehat terminal.

“Juga ada penyemprotan disinfektan ke berbagai fasilitas yang ada di terminal secara berkala,” katanya.

Selain itu Terminal Gunungpati dinilai lengkap dalam hal penyediaan fasilitas umum seperti area toilet yang terpisah, ruang laktasi, ruang layanan kesehatan, ruang isolasi, ruangan untuk merokok secara terpisah, serta menyediakan layanan pembayaran non tunai.

Ditambah lagi adanya penyuluhan kesehatan secara rutin yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan, pembentukan satuan tugas dalam hal penanganan Covid-19, serta adanya imbauan terkait protokol kesehatan yang ditampilkan dalam berbagai media seperti spanduk, banner dan lain-lain.

Usai menerima tim verifikasi lapangan Lomba Terminal Sehat di Terminal Gunungpati Rabu (14/10/2020) lalu, penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto berharap, bahwa inovasi-inovasi dan pelayanan yang dilakukan oleh pengelola Terminal Gunungpati ini dapat diadaptasi oleh seluruh terminal yang ada di Kota Semarang.

“Dengan diimplementasikannya berbagai inovasi tersebut di seluruh terminal, harapannya angka Covid-19 di Kota Semarang makin melandai,” tutur Tavip.

Tavip juga berkomitmen jika Pemerintah Kota Semarang akan terus memberikan pelayanan maksimal demi kenyamanan khususnya dalam hal pelayanan transportasi di seluruh wilayah Kota Semarang.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.