in

Terinspirasi Bupati, Pegiat Bank Sampah di Banyumas Belajar Manfaatkan Sampah Plastik Jadi Paving Block

Para pegiat Bank Sampah Kabupaten Banyumas melihat paving block, hasil uji coba Bupati Banyumas Achmad Husein, di bagian belakang rumah dinas Bupati. (Foto : Banyumaskab.go.id)

 

HALO BANYUMAS – Sejumlah pengelola bank sampah di Kabupaten Banyumas, tertarik untuk meniru upaya Bupati Achmad Husein, yang menjadikan sampah plastik menjadi campuran pembuatan paving block.

Saat ini untuk komposisi paving block tersebut, masih menunggu konsultasi dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Balitbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ketertarikan itulah yang mendorong 12 orang dari mereka, kemudian datang bagian belakang rumah dinas Bupati Banyumas, untuk belajar membuat paving block tersebut.

Dengan dipimpin Pengelola Bank Sampah Pramuka Peduli Kwarrcab Banyumas, Sakirun, sebanyak dua belas orang ini memperhatikan secara detail langkah-langkah pembuatan paving. Bahkan beberapa di antara mereka ikut terlibat membantu pembuatan paving tersebut.

Pada kesempatan itu, Sakirun mengatakan keinginan untuk belajar tersebut muncul, setelah dia melihat informasi melalui medsos Bupati Banyumas, tentang uji coba pengolahan sampah plastik menjadi paving block.

Dia pun kemudian berkomunikasi dengan para pengelola bank sampah di Kabupaten Banyumas. “Melalui grup WA saya memberi informasi akan belajar, dan mendapat respon dari beberapa pengelola antara lain Bank Sampah Suka Mandiri Pasir Wetan Karanglewas, Bank Sampah Srikandi Sehat Desa Cirahab Lumbir, Bank Sampah Inyong Desa Kutasari Baturraden, Bank Sampah Tirta Mukti Desa Kemutug Lor Baturraden dan Bank Sampah Maju Resik Pekuncen. Dan secara mandiri kami berdua belas datang kesini,” jelas Sakirun.

Usai menyaksikan dan belajar pembuatan paving, menginpirasi Sakirun dan kawan-kawan untuk memanfaatkan residu plastik yang saat ini sudah tidak bermanfaat dan masih berserakan di kampung-kampung.

“Setelah saya berkomunikasi, ternyata satu meter paving block ada 36 biji, membutuhkan sebanyak 12 kilogram sampah. Ini kesempatan baik untuk mengurangi sampah plastik di pedesaan,” lanjutnya

Sebelum uji coba pengolahan sampah plastik menjadi paving block ini, Bupati Banyumas juga sudah melakukan pengolahan sampah plastik menjadi bahan campuran aspal. (HS-08)

Share This

Tidak Tertib Isolasi, OTG di Klaten Bakal Dijemput Paksa

Sosialisasikan Vaksin Covid-19, Wabup Brebes Keliling Pasar Bawa Mega Megaphone