in

Terharunya Umat Buddhis Bisa Beribadah bersama Bhikhhu Thudong di Klenteng Tay Kak Sie Semarang

Para Bhikhhu Thudong saat beribadah bersama para umat Buddhis di Klenteng Tay Kak Sie Jalan Gang Lombok, Kelurahan Kauman, Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang, Senin (29/5/2023) pagi.

HALO SEMARANG – Puluhan Bhikhhu Thudong melanjutkan perjalanannya dari Vihara Adi Dharma menuju ke Klenteng Tay Kak Sie Jalan Gang Lombok, Kelurahan Kauman, Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang, Senin (29/5/2023) pagi.

Setelah bermalam di Vihara Adi Dharma, para Bhante atau Bikhhu ini kembali memulai perjalanannya pukul 05.00 WIB. Setiap langkah menuju ke Klenteng Tay Kak Sie, masyarakat Kota Semarang menunggu di tepi jalan untuk memberikan minuman, makanan dan kebutuhan lainnya.

Dengan langkah yang cepat, para Bhante tiba di lokasi tujuan dan disambut ribuan umat Buddhis dan masyarakat Kota Semarang. Para umat Buddhis langsung menyambut kedatangan para Bikhhu dengan melakukan basuh atau cuci kaki.

Selang beberapa saat, para Bhante kemudian masuk di tempat peribadatan Klenteng Tay Kak Sie untuk berdoa bersama para umat. Beberapa ibadah seperti pembacaan parrita dan sanghadana dilakukan bersama-sama secara khidmat.

Salah satu umat, Agus Susanto mengaku terharu bisa beribadah bersama dengan Bhikhhu atau Bhante Thudong. Ia menyebut ini adalah pertama kali dalam hidupnya bisa berdoa bersama dengan tokoh agama terkemuka.

“Kami menunggu dan tiba disini sebelum jam 5 pagi. Ini adalah momen yang kami nantikan,” ujarnya saat ditemui awak media.

Ia mengatakan memang telah mempersiapkan kedatangan para Bhante di Kota Semarang. Dirinya dan umat lainnya bahkan selalu menunggu perjalanan para Bhikhhu sejak di Thailand.

“Memang dinantikan bahkan sejak awal start di negara asalnya kita sudah monitor,” paparnya.

Sementara Kepala Operasional Klenteng Tay Kak Sie, Andre mengucapkan rasa bangganya bisa menyambut para Bhante Thudong yang akan melakukan ibadah waisak di Candi Borobudur Magelang. Saat mampir di Tay Kak Sie, para Bhikhhu disambut meriah oleh masyarakat.

“Antusias umat cukup bagus dan toleransi sangat tinggi. Kalau dilihat bukan hanya umat budha tapi berbagai agama ikut berpartisipasi untuk melancarkan kegiatan ini karena ini bukan sekedar acara umat buddha tapi Indonesia,” jelasnya.

Dalam pantauan, para Bhikhhu Thudong kembali melanjutkan perjalanannya sekira pukul 08.15 WIB. Tujuan selanjutnya yakni Vihara Sima 2500 Buddha Jayanti Bukit Kassap.

Ketua 2 DPD Walubi Jateng, Tanto Harsono menerangkan, di lokasi itu para Bhikhhu akan melakukan pemberkatan dan pembangunan kembali vihara yang terkena longsor. Dirinya juga mengakui banyak masyarakat yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

“Disana pemberkatan rencana untuk
pemangunan kembali vihara yang kena longsor. Semua senang sekali bukan hanya biksu, teman-teman luar negeri suprise ternyata begini Indonesia,” imbuhnya. (HS-06)

Polisi Identifikasi Jenazah di Selokan Puri Anjasmoro Warga Kuningan Semarang

Halal Bihalal Akbar Sobat Tunjung, Ratusan Relawan: Mbak Tunjung Selalu di Hati Warga Gunungpati