in

Tengah Malam, Wabup Kunjungi Rumah Isolasi Mandiri Terpusat Di Kaliwungu

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki berkunjung di “Rumah Isolasi Mandiri Terpusat” yang dibuat di SDN Kumpulrejo, Kecamatan Kaliwungu, Rabu malam (30/6/2021).

 

HALO KENDAL – Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, menyempatkan diri untuk berkunjung di “Rumah Isolasi Mandiri Terpusat” yang dibuat di SDN Kumpulrejo, Kecamatan Kaliwungu, Rabu malam (30/6/2021).

Disambut Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Iman Widhiarto beserta Camat Kaliwungu, Nung Tubeno, Wabup ingin mengetahui kondisi dan fasilitas yang tersedia di tempat isolasi mandiri tersebut.

“Selamat malam Pak Wabup, matur nuwun sudah meluangkan waktu, untuk berkunjung di rumah isolasi mandiri terpusat di Desa Kumpulrejo,” sambut Dandim didampingi Camat Kaliwungu.

Dandim yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Kendal mengatakan, rumah isolasi mandiri terpusat ini diperuntukkan bagi warga yang terpapar virus Corona.

“Dibuatnya rumah isolasi mandiri terpusat ini, sebagai salah satu upaya dari Satgas Covid-19 tingkat Kecamatan Kaliwungu untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kaliwungu, khususnya di Desa Kumpulrejo dan sekitarnya,” jelas Dandim.

Hal ini, lanjutnya, sebagai salah satu upaya dari Satgas setempat, untuk menjalankan amanat dari Bupati Kendal, yang tidak memperbolehkan warga terpapar untuk isolasi mandiri di rumah.

“Karena, jika ada salah satu anggota keluarga yang terpapar, kemudian melakukan isolasi mandiri di rumah, dikhawatirkan satu keluarga bisa tertular. Bahkan tidak menutup kemungkinan, bisa menular ke tetangga di sekitar rumahnya,” imbuh Iman.

Sementara itu, Camat Kaliwungu, Nung Tubeno menambahkan, rumah isolasi mandiri terpusat yang berada di SDN Kumpulrejo, Kecamatan Kaliwungu ini, dibagi menjadi dua ruangan.

“Di sekolah ini kita bagi menjadi dua ruangan, yang diberi penyekat antarkamar dengan menggunakan kain. Mengenai jumlah isian di setiap kamar akan diatur tim medis. Bisalah kalau menampung 50 pasien,” jelasnya.

Selain itu, di tempat isolasi ini juga disediakan tenaga kesehatan, yang akan menjaga dan merawat pasien Covid-19.

“Selain itu, seluruh kebutuhan warga yang terpapar, juga akan dipenuhi oleh satgas setempat dengan berkoordinasi Satgas Covid-19 tingkat Kabupaten,” ungkap Nung.

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki mengatakan, dengan langkah pendirian tempat isolasi mandiri terpusat ini, diharapkan bisa menekan tingginya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kendal.

“Hal ini mengingat, jumlah ruang di semua rumah sakit di Kendal kondisinya sudah penuh dengan pasien Covid-19,” kata Pakde Bas sapaan akrab Wabup Kendal.

Sehingga dirinya berharap, semua desa di Kabupaten Kendal, sudah memiliki tempat isolasi mandiri terpusat seperti yang ada di desa ini.

“Bahkan tempat isolasi terpusat di desa-desa juga akan kita cek semua. Kita kan memiliki data mana saja desa yang jumlah terpaparnya tinggi. Itu yang nantinya akan kita lakukan pengecekan,” terangnya.

Pakde Bas juga mengapresiasi apa yang dilakukan Dandim Kendal, untuk untuk membangkitkan kepercayaan masyarakat, bahwa tempat isolasi tersebut layak dipergunakan.

“Saya salut dengan apa yang dilakukan Pak Dandim. Semoga masyarakat yang terpapar Covid-19 menjadi sadar dan mau menjalani isolasi mandiri di sini,” kata Pakde Bas.

Menurutnya, tempat ini bukanlah tempat untuk pengucilan, bukan juga pengasingan. Warga yang bersedia diisolasi madiri di sini, justru sangat layak diapresiasi.

“Karena beliau-beliau tidak ingin anggota keluarga dan tetangganya di sekitar rumah ikut tertular. Sehingga dengan sadar menjalani isolasi mandiri di tempat ini,” pungkas Pakde Bas.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dandim 0715/Kendal, secara sukarela selama tiga hari, menjajal tempat yang dijadikan sebagai fasilitas isolasi terpusat bagi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.(HS)

Share This

Kapolda Jateng: Animo Masyarakat Untuk Ikut Vaksinasi Sangat Tinggi

Banyak Warga Yang Terpapar Covid-19, Wilayah Ini Lockdown Mikro