in

Temui Pj Bupati Jepara, Yayasan Kelenteng Welahan Minta Perbaikan Jalan

Perwakilan Yayasan Kelenteng Welahan melakukan audiensi dengan Penjabat (Pj.) Bupati Jepara Edy Supriyanta di Ruang Kerja Bupati. (Foto : jepara.go.id)

 

HALO JEPARA – Pemerintah Kabupaten Jepara berkomitmen untuk membantu penyelenggaraan Kelenteng Welahan, yang diselenggarakan Yayasan Kelenteng Welahan.

Bantuan tersebut antara lain berupa perbaikan infrastruktur jalan dan penataan lingkungan.

Hal itu diungkapkan Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta, ketika menerima audiensi perwakilan Yayasan Kelenteng Welahan, di Ruang Kerja Bupati, Selasa, (4/4/2023).

Audiensi membahas mengenai persiapan upacara Hari Besar Kongco (Dewa) Hian Thian Siang Tee.

Turut mendampingi Pj Bupati Jepara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Ary Bachtiar dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Jepara Bambang Lelono.

Edy Supriyanta mengatakan sejumlah insfratruktur penunjang, seperti jalan raya, memang dinilai belum baik untuk menampung ribuan pengunjung yang akan datang.

Padahal akses jalan penting, karena tahun ini patung kongco juga akan dikirab.

“Pada prinsipnya kita mendukung, ini termasuk kebanggaan Jepara. Senin akan kita rapatkan dan mengajak seluruh bidang yang terkait,” kata Edy, seperti dirilis jepara.go.id.

Tak hanya jalan, usulan pihak yayasan untuk menata lingkungan sekitar kelenteng pun ditampung Edy dan berkomitmen untuk dibenahi.

Terlebih Kelenteng Welahan merupakan salah satu ikon Jepara dan menjadi salah satu destinasi wisata religi bagi umat Konghucu di Indonesia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Ary Bachtiar menambahkan, bahwa sejumlah ruas jalan sekitar kelenteng akan segera diperbaiki.

Ia berjanji perbaikan jalan akan selesai sebelum acara berlangsung.

Sebagai informasi, Hari Besar Kongco Hian Thian Siang Tee akan berlangsung besar dan meriah.

27 klenteng dari berbagai daerah di Indonesia akan diundang. Acara dimeriahkan oleh pertunjukan Liong, Barongsai, dan Reog Ponorogo.

Juga gelaran wayang potehi, wayang asal Tiongkok. Selain itu, ada kirab dewa pada hari besarnya. (HS-08)

Pj Bupati Jepara Prioritaskan Penanganan Kemiskinan Ekstrem

Pj Bupati Jepara Dukung Pergelaran Wayang Orang