in

Tekan Angka Golput di Pemilu, Pemkot Semarang Imbau Pemilih Pemula Gunakan Hak Pilihnya

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Semarang, Sapto Adi Sugihartono, saat diwawancarai awak media, baru-baru ini.

HALO SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Semarang terus berupaya menekan potensi angka golongan putih (Golput), terutama untuk kategori pemilih pemula atau penduduk yang telah berusia 17 tahun, dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Seperti diketahui, jumlah suara dari pemilih muda dalam gelaran pesta demokrasi lima tahunan cukup signifikan.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Semarang, Sapto Adi Sugihartono menjelaskan, pihaknya terus mengimbau pemilih muda untuk tidak absen saat Pemilu untuk menggunakan hak pilihnya, terutama pemilih pemula yang usianya sudah menginjak 17 tahun. Pihaknya terus memberikan edukasi politik maupun sosialisasi kepada generasi muda dengan berbagai kegiatan.

“Pemilih pemula termasuk juga pensiunan TNI-Polri, yang sebelumnya tidak bisa memilih di kancah pemilu. Upaya sosialisasi terus dilakukan pemerintah guna menekan potensi angka golput pada pemilih pemula. Selain dengan kegiatan sosialisasi, kami juga melaksanakan edukasi politik,” katanya, Minggu (28/1/2024).

Pihaknya berharap, generasi muda ikut berpartisipasi memberikan haknya di Pemilu.

“Pemilih pemula yang usianya 17 tahun saat pemilu dan telah memegang KTP namun belum terdata di daftar pemilih, bisa gunakan haknya dengan menunjukkan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau di daerah domisili tempat tinggalnya masing-masing. Dan petugas di TPS tersebut wajib melayani, serta KPU juga sudah membuat ketentuan untuk menjamin semua warga negara bisa menggunakan hak pilihnya,” imbuhnya.

Pihaknya juga berharap, pemilih pemula bisa mengecek dan memastikan datanya sudah tercantum di Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau belum. Sehingga nantinya, bisa memudahkan mereka ketika akan memberikan suaranya di tempat pemungutan suara.(HS)

Inilah Daftar 21 Pemain PSIS yang Dibawa untuk Hadapi Persebaya

Berjuang untuk Gelar Juara Dunia