Tebing Longsor di Tikungan PT Sango Gerus Makam Warga

Kondisi tanah longsor di tikungan PT Sango di pingggir ruas Jalan Pantura, Semarang-Mangkang yang juga menggerus dua makam warga, Selasa (16/2/2021).

 

HALO SEMARANG – Tebing longsor di ruas Jalur Pantura, atau Jalan Semarang-Mangkang, tepatnya di tikungan PT Sango, dengan panjang sekitar tujuh meter dan luas empat meter, menggerus makam warga. Pasalnya, tanah yang ambles itu berada bersebelahan dengan lahan pemakaman umum.

Akibatnya, selain meruntuhkan tanah hingga menimbun trotoar di ruas jalan tersebut, juga menutup saluran air yang ada di bawahnya. Longsornya tebing setinggi sekitar tiga meter itu, bersamaan dengan banjir besar pada Sabtu (6/2/2021) lalu.

Sebelumnya banjir juga merendam ruas jalur Pantura Semarang-Mangkang, terutama depan Pasar Mangkang. Banjir mencapai ketinggian sepaha orang dewasa.

Salah satu warga RT 1, RW 7 Kelurahan Wonosari, Kecamatan Ngaliyan, Suharno (35) mengatakan, akibat tebing yang longsor di wilayah setempat, ada makam yang ikut tergerus longsoran. Makam yang ikut terbawa tanah longsor, sedikitnya ada tiga makam warga.

“Makam tersebut memang berada di paling pinggir lahan pemakaman umum warga. Dan belum sempat dipagari dan belum ditalut, karena hanya sebagian lahan pemakaman yang dipagari,” ujarnya, Selasa (16/2/2021).

Dia menambahkan, ada dua makam lama yang tergerus longsoran dan satu makam yang baru juga nyaris jatuh. Ada lahan pemakaman umum yang belum ditalut sekitar seluas 20 meter.

“Kemarin, lokasi longsor ini sudah ditinjau Lurah dan ketua RT. Yang kemudian meminta bantuan Pemerintah Kota untuk membersihkan sisa-sisa reruntuhan tanah longsor serta pembenahan,” katanya.

Saat ini, dirinya yang tinggal di rumah tak jauh dari pemakaman umum ini merasa was-was setiap hujan deras. Karena jika turun hujan, rawan menyebabkan longsor susulan.

“Soalnya, tebing yang longsor belum ditalut permanen. Hanya dipasangi pagar dari bambu. Jadi tidak terlalu kuat,” imbuhnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.