Tata Ulang Peringkat, Khamzat Melesat

Khamzat Chimaev/dok.

 

HALO SPORT – Ultimate Fighting Championship (UFC) menata ulang peringkat para petarungnya. Perubahan besar terjadi di kelas welter.

Perubahan itu terkait keluarnya Anthony Pettis yang menempati posisi ke-12. Mantan juara kelas ringan ini memilih pindah ke organisasi mixed martial arts (MMA) lain, yakni PFL.

Dengen kepergian Pettis otomatis membuat peringkat para petarung di bawahnya naik. Belal Muhammad, Robbie Lawler, dan bintang baru Khamzat Chimaev posisnya melesat.

Belal dari 13 ke peringkat 12, Robbie (14 ke 13), dan Khamzat (15 ke 14). Posisi ke-15 yang kosong akhirnya diisi Conor McGregor.

McGregor kini berada di bawah Chimaev dalam daftar penantang kelas welter UFC. Masuknya Conor ke daftar penantang kelas welter terbilang mengejutkan.

Pasalnya, ketika mengumumkan akan melakukan comeback setelah menyatakan pensiun pada pertengahan tahun ini, McGregor menyatakan fokus ke kelas ringan. Dia tampil di kelas welter ketika kali terakhir naik oktagon saat mengalahkan Donald Cerrone pada awal 2020.

Selama kariernya di UFC, McGregor hanya tiga kali turun di kelas welter. Dalam empat tahun terakhir, The Notorious cuma menang sekali di kelas yang sekarang dikuasai Kamaru Usman ini.

Keputusan UFC memasukkan Conor pada akhirnya bisa dimengerti. Sebab, pergerakan petarung berpindah kelas dalam divisi di bawah kelas berat memang terbuka.

Khamzat dengan mudah bolak-balik dari kelas welter ke menengah dalam kariernya di UFC. Petarung asal Rusia itu termasuk muka baru dengan gebrakan yang menyenangkan fans.

Tak heran kalau Presiden UFC Dana White memberi Khamzat kesempatan seluas-luasnya. Chimaev diharapkan bisa menjadi magnet anyar di oktagon.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.