in

Tasyakuran HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Kebonagung Berbuntut Panjang, Polres Kendal Lakukan Tes Urin

Pelaksanaan Tes Swab PCR dan Tes Urin oleh Polres Kendal kepada warga di Balaidesa Kebonagung, Minggu (22/8/2021).

 

HALO KENDAL – Sebanyak 50 warga Desa Kebonagung, Kecamatan Ngampel menjalani tes swab PCR dan tes urin di Balai Desa Kebonagung Ngampel, Minggu (22/8/2021).

Pelaksanaan tes swab PCR dan tes urin ini merupakan buntut dari acara pentas musik tasyakuran HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Selasa malam (17/8/2021) lalu, di salah satu kampung yang ada di Desa Kebonagung, Kecamatan Ngampel.

Kasatnarkoba Polres Kendal, AKP Agus Riyanto mengatakan, 50 orang yang menjalani tes swab PCR dan tes urin diambil secara acak dari jumlah warga yang menonton acara dangdutan itu.

“Tes swab PCR ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada paparan Covid-19 setelah puluhan warga Desa Kebonagung ini menonton acara dangdutan pada malam tersebut,” terang AKP Agus.

Selain itu, pihaknya juga melakukan tes urin kepada para remaja Desa Kebonagung dan Kepala Desa Kebonagung, Widodo, untuk mengetahui indikasi penyalahgunaan narkotika.

Disebutkan, hasil tes PCR dan pemeriksaan urin ini nantinya, akan digunakan untuk melengkapi penyelidikan terhadap 11 orang termasuk Kades Widodo, yang dilakukan Polres Kendal beberapa hari lalu.

“Ada 50 orang yang kami lakukan tes swab PCR dan tes urin. Tes urin ini untuk mengetahui apakah ada indikasi penyalahgunaan narkotika, setelah warga dan Kades Widodo melawan petugas saat hendak membubarkan acara dangdutan itu,” jelas AKP Agus.

Sementara itu Kepala Desa Kebonagung, Widodo yang dimintai keterangan terkait kasusnya mengatakan, sebelumnya dia dan dua warga lain sudah berinisiatif melakukan tes swab antigen mandiri setelah meminta maaf ke Polsek Pegandon.

Setelah itu, sepuluh pemuda Kebonagung dipanggil di Polsek Pegandon guna mengikuti tes swab antigen. Kemudian dilanjutkan 50 orang yang juga terlibat dalam kegiatan pentas hiburan malam itu.

“Awalnya tiga orang sudah tes swab mandiri, kemudian 10 orang tes di Polsek, hasilnya semua negatif Covid-19. Hari ini 50 orang kembali melakukan tes swab PCR,” imbuh Widodo.

Menurut Widodo, warganya yang terlibat dalam pentas hiburan malam tersebut akan korporatif mengikuti sejumlah pemeriksaan yang dilakukan Polres Kendal.

“Masyarakat juga bersedia dan siap menjalani tes swab PCR, guna mengetahui apakah ada warga kami yang terpapar Covid-19 atau tidak,” pungkas Widodo.(HS)

Share This

Nikmatnya Bakso Balungan “Ojo Lali” di Weleri Kendal

Ganjar: Sekolah Boleh PTM Sebatas Uji Coba dan Harus Izin