in

Tangkal Terorisme, Kodam IV/Diponegoro Gelar Latihan Pertempuran Kota di Karanganyar

Apel gelar pasukan sebagai penutup latihan pertempuran kota di Alun-alun Karanganyar, Sabtu (26/02) (Foto : Karanganyarkab.go.id)

 

HALO KARANGANYAR – Batalyon Infanteri Raider 400/Banteng Raider Kodam IV/Diponegoro, menggelar latihan pertempuran kota, Sabtu (26/02) untuk mengantisipasi serangan kelompok radikal dan teroris.

Latihan ini digelar, juga karena Provinsi Jawa Tengah dan DIY merupakan baromater stabilitas nasional.

Kegiatan ini pun disaksikan secara virtual dari Rumah Dinas Bupati Karanganyar, oleh Bupati Karanganyar, Drs H Juliyatmono MM; Komandan Kodim 0727, Letkol Inf Ihsan Agung Widyo Wibowo SIP; Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo SIK; dan Kepala Kejaksaan Negeri Karanganyar, Mulyadi Sajaen SH MH.

Dalam latihan itu, diskenariokan para anggota TNI AD itu terlibat pertempuran di dalam kawasan perkotaan, yakni di sekitar alun-alun, untuk menangkal serangan dari kelompok radikal yang berkolaborasi dengan kekuatan asing.

Panglima Kodam IV/ Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto, dalam apel penutupan latihan, mengatakan merebaknya radikalisme perlu segera diantisipasi.

“Sebab perkembangan situasi di Provinsi Jateng dan DIY menjadi barometer stabilitas nasional, sehingga perlu mengantisipasi setiap potensi ancaman, termasuk kelompok-kelompok radikal yang mengarah pada terjadinya aksi-aksi terorisme,” jelas Pangdam.

Menurut dia, TNI juga perlu memaksimalkan kinerja aparat di lapangan, melakukan koordinasi terpadu dengan aparat teritorial, melakukan pembinaan mental dan hukum, dan mengoptimalkan peran Bhabinsa di wilayah masing-masing.

Prajurit Kodam IV/Diponegoro, diharapkan mampu menyelenggarakan operasi pertahanan wilayah Jawa Tengah dan DIY, salah satunya adalah pertempuran kota. Kemampuan pertempuran kota harus dimiliki oleh seluruh satuan tempur. Pangdam IV Diponegoro, seperti dirilis Karanganyarkab.go.id, menyatakan ke depan latihan pertempuran kota akan diselenggarakan secara rutin. (HS-08)

Lantik 8 Kepala SKPD, Bupati Blora Sebut Bakal Ada Evaluasi Kinerja

Bupati Karanganyar Sebut Pemuda Pancasila Organisasi Paling Aktif