in

Tangkal Paham Radikalisme, Bupati Jepara Gelar Safari Kebangsaan

Bupati Jepara Dian Kristiandi dalam Safari Kebangsaan, di aula SMA Negeri 1 Jepara, Jumat (11/2/2022). (Foto : Jepara.go.id)

 

HALO JEPARA – Bupati Jepara Dian Kristiandi mengajak generasi milineal untuk bersama-sama melawan paham radikal, demi mencegah perpecahan bangsa.

Ajakan tersebut disampaikan Bupati, ketika hadir dalam Safari Kebangsaan, di aula SMA Negeri 1 Jepara, Jumat (11/2/2022). Kegiatan bertema Milenial Cinta Negeri, yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) itu, untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan menangkal paham radikalisme di kalangan siswa SMA Negeri 1 Jepara.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Jepara Dian Kristiandi, Kepala Bakesbangpol Lukito Sudi Asmara, Kepala Diskominfo Arif Darmawan, kepala sekolah serta dewan guru dan siswa.

“Generasi milenial harus mampu meningkatkan jiwa nasionalisme, di tengah rongrongan paham-paham anti-Pancasila, yang masuk ke Indonesia,” kata Bupati Andi, seperti dirilis Jepara.go.id.

Dalam sambutannya, Bupati juga menyampaikan bahwa radikalisme merupakan problem bangsa, yang harus menjadi perhatian bersama.

”Kenapa penguatan nilai-nilai kebangsaan ini menjadi penting dilakukan, karena bangsa ini sedang menghadapi tantangan, yang mengganggu eksistensi nilai-nilai kebangsaan kita,” kata Andi.

Dia juga menambahkan, isu-isu radikalisme perlahan akan membakar rumah kebangsaan negara ini, dan merobohkan nilai Pancasila, sehingga harus ada penguatan nilai Pancasila.

”Untuk menangkal isu radikalisme di negeri ini, perlu adanya penguatan nilai Pancasila,” ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Zidan Nabib, siswa kelas XI berkesempatan untuk menjawab pertanyaan Bupati Jepara, tentang ciri-ciri radikalisme. Menurutnya ada 5 ciri-ciri paham radikalisme.

“Selalu menganggap benar dirinya, anti-Pancasila, anti-NKRI, mudah berburuk sangka pada orang di luar kelompoknya, dan anti-kebinekaan,” jawab Zidan. (HS-08)

DWP DPUPR Jepara Gelar Aksi Bersih Pantai Teluk Awur

Cari Pohon Indukan Unggul, Pemkab Rembang Gelar Lomba Durian Lokal