in

Tangis Bahagia Warsiah saat Peresmian Rumah Layak Huni dari Polres Jepara

Polres Jepara menyerahkan bantuan renovasi rumah tak layak huni, beberapa waktu lalu. (Foto : tribratanews.jepara.jateng.polri.go.id.)

 

HALO JEPARA – Warga Desa Pekalongan, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, Warsiah (40), tak kuasa menahan tangis, karena bahagia bisa menempati rumah layak huni, yang sebelumnya direnovasi oleh Polres Jepara, beberapa waktu lalu.

Warsiah mengatakan dirinya tidak pernah bermimpi dapat rumah layak huni. Sebelumnya, rumahnya termasuk kategori tidak layak huni, karena bagian atap sudah keropos dan hampir ambruk.

Ketika hujan, air juga leluasa masuk rumah karena atapnya bocor. Dinding bangunan juga sudah lapuk, termasuk kayu bagian atap bangunan yang rusak sehingga membahayakan.

Oleh karena itu dia sangat bersyukur memperoleh bantuan program bedah rumah . sehingga dia dapat memiliki rumah yang aman, nyaman, dan layak huni.

“Terima kasih bapak Kapolres dan seluruh jajarannya, semoga masyarakat lainnya yang belum memiliki rumah layak huni dapat dibantu oleh Pak Kapolres, seperti saya ini,” ucap Warsiah.

Untuk diketahui, bantuan renovasi Rumah Tak Layak Huni (RTLH) oleh Polres Jepara, diberikan kepada Warsiah, hingga janda dua anak itu dapat menempati rumah permanen dengan ukuran 6 x 10 meter atau type 60.

Peresmian rumah layak huni kepada ibu Warsiah, dilakukan oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, didampingi Wakapolres Jepara Kompol Berry, pejabat utama Polres Jepara, Forkopimcam Batealit dan perangkat Desa Pekalongan serta instansi terkait lainnya.

Saat meresmikan rumah tersebut, Kapolres Jepara mengungkapkan jika melihat kediaman Warsiah ini sebelumnya, termasuk kategori rumah tidak layak huni (RTLH).

Terlebih, bagian atap sudah keropos dan hampir ambruk. Ketika memasuki hujan, air bisa masuk ke dalam rumah karena bocor di beberapa titik.

“Untuk dindingnya juga tak kalah memprihatinkan, kayu yang sudah lapuk terlihat dimana-mana. Hal ini tentu saja membahayakan bagi penghuni rumah,” ujar AKBP Wahyu, seperti dirilis tribratanews.jepara.jateng.polri.go.id.

“Untuk itu, Polres Jepara memilih rumah ibu Warsiah untuk dibedah menjadi layak huni. Sehingga pada Kamis (15/6/2023) lalu, tim bedah rumah mulai melakukan renovasi rumah ibu Warsiah,” kata Kapolres.

AKBP Wahyu, menjelaskan setelah sekitar tiga bulan dikerjakan, rumah Warsiah pun selesai direnovasi.

Dengan selesainya renovasi ini, Kapolres mengucapkan selamat kepada Warsiah, karena sudah mendapatkan rumah yang lebih layak dibanding sebelumnya.

“Terima kasih juga saya ucapkan kepada segenap pihak yang telah membantu proses renovasi RTLH ini, baik berupa material maupun non material. Semoga menjadi ladang amal bagi bapak ibu sekalian,” ungkap Kapolres.

AKBP Wahyu beserta jajaran Polres Jepara juga memberikan bantuan berupa sembako dan peralatan rumah tangga untuk kehidupan sehari-hari Warsiah beserta keluarganya.

“Walaupun tidak mewah, saya berharap rumah ini dapat dijaga dan dirawat sehingga rumah ini dapat menjadi istana atau tempat tinggal yang nyaman dan berkah bagi keluarga,” kata dia.

Lebih lanjut, mantan Kapolres Sukoharjo ini menambahkan, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat.

Selain itu, bantuan ini juga merupakan bentuk syukur dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-77.

“Kami akan terus berusaha selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk dapat saling membantu. Khususnya pada masyarakat yang membutuhkan, walaupun hanya bantuan kecil, setidaknya dapat meringankan beban masyarakat yang membutuhkan,” kata dia. (HS-08)a

Secara terpisah, Petinggi Desa Pekalongan Musta’in menyampaikan, terima kasih tak terhingga kepada bapak Kapolres Jepara dan jajarannya yang telah memberi bantuan renovasi rumah tak layak huni untuk warga kami.

Acara peresmian rumah tidak layak huni yang berlangsung di Desa Pekalongan, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, dilanjutkan dengan acara Jumat Curhat.

Dalam acara ini, Kapolres mengajak warga untuk  selalu menjaga Kamtibmas. Pada kesempatan itu, Kapolres juga menyerahkan bantuan sembako untuk warga setempat. (HS-08)

Hadir Berikan Rasa Aman, Polres Pekalongan Gelar Patroli Bersepeda

Guru Penggerak di Jepara Diminta Terus Kreatif