Tanggul Sungai Aji Jebol, Puluhan Rumah Warga Desa Blorok Terendam Banjir

Akibat tanggul Sungai Aji yang jebol, air masuk ke pemukiman warga sekitar sungai, Jumat sore (18/12/2020).

 

HALO KENDAL – Hujan deras yang mengguyur Kendal sejak siang hingga sore hari, Jumat (18/12/2020), mengakibatkan tanggul Sungai Aji di Desa Blorok, Kecamatan Brangsong jebol sepanjang 10 meter.

Air luapan dari Sungai Aji kemudian membanjiri puluhan rumah yang berada di bawah tanggul. Tidak hanya itu, akses jalan penghubung antardesa di wilayah itu juga terputus akibat tergerus derasnya air banjir.

Menurut warga setempat, Sigit, tanggul sebelunnya sudah sempat ambrol dan diperbaiki warga dengan konstruksi seadanya. Bahkan hal ini sudah dilaporkan ke Pemkab Kendal, namun belum ditangani.

Akibat banjir ini, puluhan rumah yang ada di bawah tanggul terendam banjir. Derasnya arus sungai juga mengakibatkan material tanggul terbawa hingga ke permukiman warga.

“Tanggul memang sudah sempat kritis dan sudah dilaporkan tetapi belum ditangani. Hujan deras dan debit air sungai yang tinggi mengikis bagian bawah tanggul dan akhirnya jebol,” jelasnya.

Kapolsek Brangsong, AKP Amin Supangat menuturkan, tanggul Sungai Aji ini jebol akibat tidak bisa menahan derasnya arus setelah diguyur hujan deras.

“Ada dua titik yang longsor tetapi yang jebol hanya satu dan menggenangi sekitar 25 rumah yang ada dibawah tanggul,” terangnya.

Warga yang rumahnya diterjang banjir kemudian mengungsi ke masjid dan ke tetangga yang tidak terendam.

Sejumlah petugas dari BPBD Kendal, TNI, dan Polri serta warga berupaya menutup tanggul yang jebol, agar aliran air dari Sungai Aji tidak membanjiri permukiman warga.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.