Halo Semarang
Take a fresh look at your lifestyle.

Tanggap Bencana, TNI Siap Turun ke Lapangan Bantu Korban

Kepala Staf Kodam (Kasdam) IV/Diponegoro, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa.

 

HALO SEMARANG – Terkait banyaknya kasus bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Jawa Tengah, jajaran TNI AD, khususnya Kodam IV/Diponegoro menyatakan siap untuk bekerja sama dengan stakeholder terkait penanganan bencana untuk membantu masyarakat yang terkena dampak bencana.

Kepala Staf Kodam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa menegaskan, dengan adanya bencana banjir dan tanah longsor, saat memasuki musim hujan ini, Kodam IV/Diponegoro siap membantu dan bekerja sama dengan instansi pemerintah untuk terjun membantu warga.

“Intinya kami selalu siap saat terjadi bencana, misalnya kalau musim kemarau yaitu yang sering dihadapi adalah bencana kekeringan. Sedangkan saat musim hujan kemungkinan akan terjadi bencana banjir dan tanah longsor,” tegasnya, belum lama ini.

Seperti diketahui, beberapa daerah di Jawa Tengah yang mengalami bencana banjir dan tanah longsor di antaranya di Demak, Brebes dan Kendal. Bencana tersebut, karena tingginya curah hujan akhir-akhir ini.

Sehingga menyebabkan ratusan jiwa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, melalui BPBD Jateng juga telah memberikan bantuan, untuk warga terdampak berupa makanan, peralatan mandi dan tenda serta peralatan untuk tanggap darurat lainnya.

Sementara, Kepala BNPB, Doni Monardo mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dengan potensi curah hujan yang tinggi. Dan Pemerintah Daerah dan BPBD harus aktif dalam menginformasikan peringatan dini cuaca terkini dari BMKG kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang