in

Tandai Dibukanya FASI, Ribuan Santri TPQ di Kendal Ikuti Pawai Karnaval

Para santri Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) di Kecamatan Kendal mengikuti pawai karnaval, sebagai tanda dibukanya Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) ke VI Tahun 2022, Sabtu (30/7/2022).

HALO KENDAL – Ribuan santri Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) di Kecamatan Kendal mengikuti pawai karnaval, sebagai tanda dibukanya Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) ke-VI Tahun 2022, Sabtu (30/7/2022).

Pawai karnaval diikuti 1.050 pelajar, dari 35 TPQ yang berada di wilayah Kecamatan Kendal Kota. Pawai digelar dengan mengelilingi sejumlah wilayah yang berada di Kecamatan Kendal tersebut, digelar Badan Koordinasi (Badko) Lembaga Pendidikan Al Qur’an (LPQ) Kecamatan Kendal.

Acara pembukaan FASI dengan tema “Bersama TPQ Kita Bangun Generasi Hebat dan Berakhlak Qur’ani yang Cinta NKRI”, secara simbolis digelar di halaman Masjid Kelurahan Jotang, yang dimeriahkan dengan atraksi drumband siswa-siswi TPQ.

Ketua Badko LPQ Kecamatan Kendal, Pasiran mengatakan, FASI merupakan sebuah kegiatan yang rutin digelar Badko LPQ setiap dua tahun sekali.

Dipaparkan, 1.050 pelajar TPQ ini akan bersaing dalam sejumlah perlombaan yang digelar Sabtu-Minggu (30-31/7/2022) hingga 31 Juli 2022 di Kelurahan Jotang.

“Di antaranya Lomba Pawai Karnaval, Tartil Al Qur’an, Kaligrafi, Pidato Bahasa Indonesia, Puitisasi Al Qur’an, Azan dan Iqomat, Cerdas cermat Al Qur’an, Nasyid Islami, dan lainnya,” papar Pasiran.

Dijelaskan, dari 35 TPQ di Kecamatan Kendal wajib mengirimkan 30 pelajarnya untuk mengikuti semua perlombaan. “Jumlah pelajar yang dikirim untuk ikut perlombaan tidak boleh kurang atau lebih. Aturannya memang demikian,” jelas Pasiran.

Ditambahkan, Badko LPQ Kecamatan Kendal yang membawahi 35 TPQ dan memiliki sekitar 3.300 anak didik. Sehingga dengan FASI ini, diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan. Ditegaskan, Badko LPQ juga berupaya menanamkan rasa cinta NKRI sedini mungkin kepada para santri.

“Sehingga, penanaman rasa cinta NKRI dilakukan dengan digelarnya lomba mengucapkan Pancasila dan lomba pembacaan teks Pembukaan UUD 1945,” imbuh Pasiran.

Dirinya juga menyebut, setiap peserta yang berhasil meraih juara nantinya akan menjadi wakil untuk bertanding diajang FASI tingkat kabupaten.

“Kemudian, yang menang akan mewakili Kabupaten Kendal di ajang tingkat provinsi. Untuk FASI tingkat Provinsi Jawa Tengah rencananya digelar tahun 2023 mendatang,” tukas Pasiran.(HS)

Hadiri Kirab Haul Raden Bintoro, Wakil Bupati Kendal: Ini Pelestarian Budaya Lokal

54 WNI Korban Penyekapan di Kamboja Berhasil Dibebaskan: Terima Kasih Pak Ganjar