in

Tampung Pasien Covid-19 dari Luar Daerah, RWSN Siapkan Skenario Buka Ruang Isolasi

Petugas RSUD KRMT Wongsonegoro (RSWN) melayani konsultasi warga tentang Covid-19.

 

HALO SEMARANG – Lonjakan jumlah kasus Covid-19 terjadi di beberapa daerah yang ada di Provinsi Jawa Tengah, seperti Kudus, Salatiga, dan Kendal. Hal ini membuat Rumah Sakit Umum Daerah Wongsonegoro (RSWN) Semarang menyiapkan skenario untuk kembali membuka ruang isolasi bagi pasien rujukan dari luar kota.

Direktur RSWN, Susi Herawati mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan skenario bila terjadi lonjakan kasus dan siap menerima pasien dari luar kota. Bahkan, jika diperlukan Susi juga siap membuka ruangan isolasi.

“Kita sudah siapkan skenario bila ada lonjakan kasus pasca-Lebaran, termasuk membuka ruangan lagi jika memang diperlukan,” katanya, Minggu, (30/5/2021).

Susi menjelaskan, RSWN, sempat membuka tempat tidur sampai 257 untuk pasien isolasi. Saat ini RSWN sendiri memiliki 151 tempat tidur yang sudah disiapkan, sebelumnya beberapa ruangan isolasi pun telah ditutup karena penurunan jumlah kasus.

“Untuk Bed Occupancy Ratio (BOR) okupansi tempat tidur diangka 50 persen,” imbuhnya.

Saat ini jumlah pasien yang dirawat di RSWN sendiri mencapai 90 orang, rinciannya 29 pasien dari luar kota dan sisanya dari Semarang. Ia menjelaskan, petugasnya saat ini juga sedang menjemput pasien yang berasal dari Kudus.

“Ini juga masih jemput pasien dari Kudus, di Semarang kenaikannya tidak drastis, jadi kami siap menerima pasien dari luar kota,” ucapnya.

Susi menguraikan, RSWN memiliki 129 tempat isolasi. Sebanyak 105 merupakan tempat tidur isolasi biasa dan 24 merupakan tempat tidur isolasi ICU.

Dia menegaskan, RSUD Wongsonegoro siap menerima rujukan melalui Sisrute (sistem rujukan terintegrasi).

Dengan sisrute ini, pihak rumah sakit akan lebih mengetahui keadaan pasien lebih dini, sehingga tindak lanjut bisa segera dilakukan.(HS)

Yayasan Karomah Bumi Jambe Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Hendi Tetapkan Hari Selasa Jadi Hari Angkutan Umum Kota Semarang