in

Tampilkan Kesenian Lokal, Festival Merapi Merbabu di Boyolali Meriah

Bupati Boyolali, M.Said Hidayat secara simbolis menerima hasil bumi dari masyarakat Desa Klakah Kecamatan Selo dalam Kirab Festival Merapi Merbabu. Minggu(28/5/2023). (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI –  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali, menggelar agenda rutin tahunan, yakni Festival Merapi Merbabu.

Kegiatan untuk melestarikan budaya tersebut, dilaksanakan di Desa Klakah, Kecamatan Selo, baru-baru ini.

Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali, Darmanto, dalam keterangannya seperti dirilis boyolali.go.id, Minggu (28/5/2023), Festival Merapi Merbabu ini merupakan kegiatan rutin tahunan, yang mulai dilaksanakan pada 2022.

Adapun tujuannya adalah untuk mengapresiasi para seniman di kawasan lereng Merapi dan Merbabu, seperti di Kecamatan Selo, Cepogo, Musuk, Tamansari, Ampel, dan Gladagsari.

Kegiatan Festival Merapi Merbabu ini, dimulai dengan arak-arakan gunungan hasil bumi berupa sayuran, yang kemudian dilanjutkan dengan perform seni tari oleh 15 kelompok seni dari enam kecamatan lereng Merapi Merbabu.

Selanjutnya setelah magrib akan ditampilkan kelompok Hadroh dari Kecamatan Selo dan kelompok Sholawatan dari Kecamatan Ampel.

“Harapan kami tentu membangkitkan kembali semangat para seniman untuk terus berkarya, juga generasi muda untuk terus melestarikan budaya, dan juga efek dominannya bisa kita saksikan juga UMKM juga bekerja sehingga ada multiefek meningkatkan pendapatan masyarakat.” terangnya.

Sementara itu, Bupati Boyolali M. Said Hidayat yang membuka acara tersebut, mengatakan bahwa Festival tersebut merupakan wujud rasa syukur masyarakat Kabupaten Boyolali kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas hasil bumi yang dilimpahkan dan wujud rasa cinta pada daerah serta Republik Indonesia.

“Harapan kita nanti dapat secara berkesinambungan diagendakan tiap tahunnya, karena di sisi lain bukan hanya bersyukur dan menjaga kearifan lokal tetapi bagaimana salah satu upaya mendukung dari sisi kepariwisataan,” ungkapnya. (HS-08)

Kemenag Imbau Jemaah Haji Bawa Alat Pelindung Diri saat Ziarah di Madinah

Kurang Tiga Minggu, Stand Kebumen International Expo 2023 Terjual 70 Persen