in

Tambah Stok PMI, Mabes Polri Gelar Donor Darah

Mabes Polri menggelar kegiatan donor darah bersama PMI, di Mabes Polri beberapa waktu lalu. Kegiatan tersebut diikuti anggota Polri dan Bhayangkari di lingkungan Mabes. (Foto : Tribratanews.polri.go.id)

 

HALO SEMARANG – Sebanyak 34 Polda di seluruh Indonesia, akan menggelar donor darah, sesuai jadwal masing-masing, untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) mencukupi persediaan darah.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Kapusdokes) Mabes Polri, Brigjen Polisi Dr dr Rusdianto MM MSi DFM, di sela-sela kegiatan donor darah bersama PMI, di Mabes Polri beberapa waktu lalu.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara tersebut, menargetkan 500 donor dari anggota Polri dan Bhayangkari di lingkungan Mabes Polri.

“Disadari di masa pandemi ini, masyarakat yang mendonorkan darah agak menurun, sedangkan kebutuhan darah tidak pernah berkurang. Untuk mengatasi itu dilaksanakan donor darah guna membantu masyarakat yang membutuhkan,” kata Brigjen Polisi Dr dr Rusdianto MM MSi DFM, seperti dirilis Tribratanews.polri.go.id.

Kapusdokes Mabes Polri mengatakan kegiatan donor darah ini, juga digelar di 34 polda di seluruh Indonesia, dengan waktu pelaksanaan disesuaikan dengan wilayah masing-masing.

Jenderal bintang satu tersebut mengatakan bahwa Polri rutin mengadakan donor darah dalam setiap kegiatan satuan kerja Polri. Tujuannya adalah membantu memenuhi kebutuhan darah di masyarakat melalui PMI.

Kapusdokes Mabes Polri menegaskan, di masa pandemi ini pelaksanaan donor darah dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Para pendonor wajib mengikuti tes cepat antigen sebelum donor, menerapkan 3M, lalu saat pengambilan darah juga dilakukan sterilisasi sesuai protokol Covid-19.

“Tentunya protokol kesehatan cukup ketat kita terapkan, memastikan pendonor yang datang bebas Covid-19, semua tertib menggunakan masker dan menjaga jarak,” terang Kapusdokes Mabes Polri. (HS-08)

Share This

Tekan Covid-19 di Bangkalan, Panglima TNI dan Kapolri Rangkul Tokoh Agama

KKB Papua Kian Terdesak