Tambah Ketrampilan, WBP Rutan Batang Nonton Bareng Youtube

Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Batang Nonton Bareng Youtube untuk menambah keterampilan (Foto : Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Rutan Batang memberikan kesempatan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), untuk meningkatkan keterampilan berwirausaha, dengan nonton bareng video di Youtube.

Kepala Rutan Batang, Rindra Wardhana, di Rutan Kelas IIB, Kabupaten Batang, mengatakan upaya peningkatan ketrampilan tersebut akan dilakukan secara berkelanjutan.

Dengan demikian diharapkan dapat mengoptimalkan kompetensi mereka, sehingga kelak setelah bebas, dapat menjadi modal untuk berwirausaha.

“Mereka dengan serius melihat video di tempat yang biasa digunakan untuk sidang online. Video yang ditonton tentang kerajinan pembuatan aneka pot dari sabut kelapa,” kata Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana di Rutan Kelas IIB, Kabupaten Batang, seperti dirilis Batangkab.go.id.

Lanjut dia, WBP perlu mendapat informasi, khususnya terkait pengetahuan wirausaha. Upaya memperkaya pengetahuan secara online tersebut penting, di samping dari buku-buku perpustakaan yang masih terbatas jumlah serta jenisnya.

“Kami sengaja memberi kesempatan kepada WBP, untuk mencari informasi tentang berbagai jenis usaha dan ketrampilan lewat internet. Tentunya dengan pengawasan petugas,” tuturnya.

Dengan mencari informasi lewat internet, WBP bisa mendapatkan ide lebih banyak, dalam keterampilan seperti aneka model pot dengan bahan sabut kelapa.

“Dengan melihat youtube banyak ide yang akan didapat, sehingga produksi pot juga bisa semakin bervariasi modelnya,” katanya.

WBP perempuan juga tak mau kalah dengan memproduksi peci rajut. Mereka pun diberi kesempatan yang sama untuk menonton video aneka kerajinan rajut via internet.

Selain produksi pot bunga sabut kelapa dan peci rajut, saat ini Rutan Batang juga memproduksi keset, pupuk organik, keranjang dan budidaya bermacam tanaman dan sayuran.

Rutan Batang memang saat ini sedang gencar melaksanakan kegiatan bimbingan kemandirian kepada WBP, apalagi setelah disetujuinya Rutan Batang naik kelas menjadi Lapas tentunya kegiatan bimbingan kemandirian akan semakin dibutuhkan.

Rindra pun mengaku tidak ragu mencoba hal baru seperti yang pernah dilakukan yaitu produksi puding berbahan lidah buaya. Selain itu, Rutan Batang juga sedang mengembangkan budidaya cacing tanah yang telah panen beberapa waktu lalu dengan hasil yang cukup memuaskan.

Rindra menjelaskan ide-ide usaha tersebut banyak terinspirasi dari dunia maya. Harapannya, dengan semakin bervariasinya ketrampilan WBP semakin banyak peluang usaha yang akan mereke temukan selepas bebas nanti. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.