in

Taman Pierre Tendean Makin Jadi Magnet Warga untuk Bersantai

Suasana Taman Pierre Tendean di Jalan Pierre Tendean, Kota Semarang terlihat asri dan cantik, Senin (8/1/2024).

SEJAK diresmikan pada 2021 lalu oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Taman Pierre Tendean yang berlokasi di Jalan Pierre Tendean, Kelurahan Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang masih menjadi magnet dan daya tarik bagi warga untuk sekedar bersantai di tengah hiruk pikuk kota. Banyak warga yang tiap sore datang, ada yang sekadar nongkrong atau duduk bersantai sambil melepas penat dari rutinitas kerja yang padat.

Biasanya taman ini akan ramai terutama saat akhir pekan dan hari libur. Apalagi, lokasinya juga di tengah pusat kota, yaitu Jalan antara jalan Pemuda, dan tak jauh dari pusat perbelanjaan Mal Paragon.

Di taman ini juga terdapat fasilitas musala, toilet, parkir kendaraan, kursi dan meja yang representatif. Selain ditanami berbagai tanaman hias dan juga dilengkapi dengan videotron berukuran besar 3 Dimensi (3D). Nampak sekumpulan burung merpati yang seolah siap menyambut pengunjung yang datang.

“Biasanya, tiap hari ada petugas yang memberikan pakan untuk burung-burung di sini. Tadi sempat lihat petugas memberikan pakan dan juga foto-foto saat burung beterbangan di udara berlomba-lomba untuk mendekat mencari pakan,” kata salah satu pengunjung, Wina, saat ditemui di lokasi, Senin (8/1/2024).

Dikatakan dia, saat berada di taman tersebut dirinya cukup nyaman dan betah karena suasananya bersih dan asri. “Seperti kebun bunga mini, banyak tanaman hias juga dan ada satwa jinak seperti burung di dalamnya. Jadi betah untuk istirahat sejenak di sini,” imbuhnya.

Apalagi di taman tersebut dilengkapi patung Pahlawan Revolusi, Kapten Czi Anumerta Pierre Tendean, salah satu pahlawan nasional yang gugur saat Pemberontakan G 30S/PKI. Patung ini untuk mengingatkan tentang sejarah tokoh tersebut yang pernah tinggal di Kota Semarang, terutama saat semasa mengenyam pendidikan SMP dan SMA.

Meski tak seramai Taman Indonesia Kaya yang ada di Jalan Menteri Supeno, namun Taman Pierre Tendean bisa menjadi alternatif warga untuk bersantai dan menikmati taman terbuka di tengah kota.

Sebagai informasi, aset yang terletak di Jalan Pierre Tendean dan Jalan Pemuda ini sebelumnya merupakan aset eks-Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN)/eks-Kelolaan PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) dan memiliki luas 767 meter persegi dengan nilai aset mencapai Rp 32 miliar. Aset tersebut kemudian dihibahkan oleh Menteri Keuangan kepada Pemerintah Kota Semarang melalui keputusan Menteri Keuangan Nokir: KMK 62/KM.6/2019 tanggal 22 Februari 2019. Diharapkan dengan adanya optimalisasi aset pemerintah pusat tersebut, dengan taman berkonsep smart park dan ikon patung Pierre Tendean bisa menambah taman terbuka yang menjadi kebanggaan Kota Lunpia.(HS)

Iran Ajak Kota Semarang Jalin Kerja sama Sister City Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Dukung Pilpres 2024 Sekali Putaran, FIM: Prabowo-Gibran Paling Rasional Pilihan Generasi Muda