in

Talkshow, Bupati Demak Eisti’anah Sampaikan Program Unggulan hingga Pemilu

Bupati Demak, Eisti'anah dalam talkshow bertema “Kami ada untuk masyarakat Demak”, Rabu (8/11/2023) di Radio Suara Kota Wali (RSKW) FM, Rabu, (8/11/2023). (Foto : demakkab.go.id)

 

HALO DEMAK – Bupati Demak, Eisti’anah memiliki sejumlah program unggulan yang terus disosialisasikan kepada warga. Semua program unggulan itu, dibuat untuk memberikan berbagai kemudahan serta meningkatkan kesejahteraan.

Hal itu disampaikan Bupati Demak, Eisti’anah dalam talkshow bertema “Kami ada untuk masyarakat Demak”, Rabu (8/11/2023) di Radio Suara Kota Wali (RSKW) FM, Rabu, (8/11/2023).

Terdapat beberapa program unggulan tersebut, antara lain Gelar Kewaspadaan Desa Waskita (Gelas Dewa), Sehat Wargaku, Bupati Sapa Guru, Apel Kebangsaan, dan Lembaga Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (LGN-OTA).

Terlait Gelar Kewaspadaan Desa Waskita (Gelas Dewa), Eisti’anah menjelaskan program tersebut lebih menekankan pada akuntabilitas pemerintah desa.

“Gelar Kewaspadaan Desa Waskita ini lebih ke akuntabilitas pemerintahan desa, nah ini yang menjadi dasar kita turun adalah banyak sekali aduan-aduan masyarakat bagimana keterbukaan transparansi dari pengelolaan dana desa di 240 desa kita,” kata Eisti, seperti dirilis demakkab.go.id.

Bupati juga mengatakan dia bersama inspektorat, menyambangi desa-desa untuk menyosialisasikan Program Desa Waskita.

“Kami dengan Inspektorat menyambangi seluruh desa. Kami mengumpulkan 2 kecamatan dalam 1 event. Kami melakukan roadshow untuk mensosialisasikan desa waskita,”  tambahnya.

Sementara terkait program Sehat Wargaku, Bupati Demak Eisti’anah menyampaikan bahwa dirinya menyambangi beberapa puskesmas.

“Kita ingin melihat program-program apa yang sudah dilakukan puskesmas untuk kesehatan masyarakat, karena di situ ada kegiatan prolanis, penanganan stunting,” kata Bupati yang juga seorang dokter itu.

Pihaknya juga memantau pelayanan masyarakat dan posyandu, termasuk posyandu balita, remaja, hingga lanjut usia.

“Dan tentunya kita punya program yang sungguh luar biasa besar dan banyak anggarannya adalah kita mengangkat BPJS Kesehatan cukup besar, hampir Rp 42 milyar yang kita alokasikan di tahun 2023 ini,” kata dia.

Dalam kunjungan itu, pihaknya mengecek apakah bantuan BPJS sudah sesuai dan tepat sasaran.

“Kami ingin melihat apakah sudah benar-benar masyarakat dapat memanfaatkan BPJS kesehatan tersebut,” ungkapnya.

Selain masalah kesehatan, Bupati Demak Eisti’anah juga gencar memberikan sosialisasi kepada generasi muda, terkait penyalahgunaan narkotika, kasus bullying, kekerasan seksual, penggunaan gadget yang berlebihan, dan Pemilu 2024 mendatang.

“Apel Kebangsaan bagi generasi muda ini kita sisipkan, kita gencar sosialisasikan penyalahgunaan narkotika, ini kita sosialisasi kan terus menerus, kemudian beberapa kasus bullying merebak di kabupaten Demak di Indonesia, ini juga kita sisispkan jadi upaya upaya preventif selalu kita lakukan,” kata Bupati Demak Eisti’anah.

Pada kesempatan tersebut Eisti juga menambahkan terkait sosialisasi pesta demokrasi yang akan datang di tahun 2024 ini

“Dan tidak ketinggalan juga karena di tahun 2024 ini ada pesta demokrasi besar-besaran di Indonesia. Ternyata setelah kami berputar sosialisasi banyak sekali siswa siswi yang belum tahu di tahun 2024 itu ada apa? Harus memilih apa? Tentu ini masih menjadi PR kita nanti”, ungkap Eisti.

Dia menyatakan sudah berkoordinasi kan dengan kesbangpol dan KPU tentang Pemilu dan pemilih muda.

“Mungkin di era pemilih ini paling banyak gen Z dan era milenial jumlahnya cukup besar. Kami harapkan ini benar-benar bisa melihat visi-misi dari pimpinan calon-calon legislatif atau mungkin Presiden, ini harus di ketahui. Sehingga bangsa ini harus dibawa kemana? tentunya ini para pemilih harus tahu,” tegasnya. (HS-08).

Jelang Hari Pahlawan, Tokopedia Berbagi Kisah Sukses Berdayakan UMKM Mulai Difabel, Perempuan hingga Petani

Enam Hotel Terbaik di Kabupaten Semarang Terima Penghargaan Adhikarya Pariwisata