in

Tak Semua Jajaran Forkopimda Kendal Jalani Vaksinasi

Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur memberi sambutan saat pelaksanaan vaksinasi di Kendal, Senin (25/1/2021).

 

HALO KENDAL – Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kabupaten Kendal, yang digelar di RSUD dr Soewondo, diikuti Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh masyarakat, organisasi keagamaan, dan tenaga kesehatan, Senin (25/1/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi ini adalah program pemerintah pusat, yang bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dikatakan, hari ini ada empat jajaran Forkopimda dan beberapa perwakilan organisasi serta tenaga medis yang mengikuti vaksinasi.

“Hari ini dari Forkopimda hanya Bapak Ketua DPRD, Kapolres, Dandim. Ibu Bupati berhalangan jadi tidak bisa hadir. Pak Wabup, karena usianya sudah melebihi jadi tidak mungkin dilakukan vaksinasi. Kemudian untuk bapak Sekda, dan Kajari Kendal tidak dapat mengikuti karena tensinya tinggi. Tadi juga Bapak Dico, Bupati terpilih juga ikut divaksin,” terang Ferinando.

Dikatakan, jatah vaksin untuk Kabupaten Kendal ada 7.080. Menurutnya dari jumlah tersebut masih kurang.

Untuk pelaksanaannya tanggal 25 – 28 Januari 2021, di 38 lokasi. Dari 38 lokasi tersebut, yakni 30 Puskesmas, lima rumah sakit dan tiga klinik swasta.

“Untuk tenaga kesehatan jelas kurang. Karena tenaga kesehatan yang terdaftar sekarang yang ada di Kendal saja sudah mencapai 4.387,” ujarnya.

Ditambahkan, untuk pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas, fasilitas sudah siap dan memadai. Apalagi menurut Feriando, soal vaksin pihak Puskesmas sudah terbiasa.

Untuk pelaksanaan vaksinasi, dirinya juga menegaskan, sebelum dilaksanakan, terlebih dahulu kepada yang bersangkutan dilakukan screening. Menurut Ferinando, ada 11 pertanyaan yang harus dilalui oleh calon yang akan divaksinasi.

“Kalau yang bersangkutan bisa menjawab 11 pertanyaan, maka yang bersangkutan lolos, selanjutnya divaksin. Untuk Puskesmas saat ini vaksin sudah didistribusikan dan diambil oleh puskesmas, tinggal pelaksanaannya saja. Dan Insya-Allah siang ini seluruh puskesmas di Kabupaten Kendal sudah bisa melaksanakan vaksinasi,” tandasnya.

Bahkan, Ferinando juga mengungkapkan, hari ini Gubernur Jawa Tengah akan meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Kendal.

“Nanti siang rencananya, Bapak Ganjar Pranowo pukul 14.30 – 15.00 WIB akan meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Kaliwungu, Puskesmas Brangsong dan RSUD Kendal,” pungkasnya.(HS)

Share This

Kerusakan Jalan di Jalur Semarang-Mangkang Makin Parah

Bupati Karanganyar Terima Vaksin Perdana