Tak Pernah Menang Satu Seri Pun, Mir Pegang Kendali untuk Juara MotoGP

Joan Mir/dok.

 

HALO SPORT – Dengan tiga seri tersisa, Joan Mir praktis memegang kendali untuk meraih gelar juara MotoGP 2020. Namun, belum pernah ada pembalap yang jadi juara dunia MotoGP tanpa memenangi satu pun seri selama semusim.

“Yang terpenting adalah jadi juara dunia sekalipun tanpa pernah menang semusim. Fokus saya hanya ingin finis podium di MotoGP Teruel,” ungkap Mir seperti dilansir dari GP One.

Joan memilih tak memikirkan soal klasemen saat balapan. Strategi lainnya,  tidak ambil risiko agar terhindar dari kecelakaan.

Musim ini Mir belum mampu naik podium utama. Sementara rekan timnya di Suzuki Ecstar, Alex Rins, sudah menang di MotoGP Aragon.

Suzuki memang tampil ngedan setelah Mir ada dalam persaingan gelar juara. Absennya juara bertahan Marc Marquez ikut membantu sepak terjang duet Mir dan Rins.

Persaingan antarpembalap di setiap seri musim ini selalu sengit. Tercatat delapan rider yang sudah jadi juara dalam 11 seri berbeda.

Dalam kompetisi semusim, konsistensi adalah yang terpenting. Soal konsistensi, Mir jelas yang terbaik.

Dari 11 balapan, Joan dua kali mundur di Jerez dan Republik Ceko. Sisanya, dia mampu menuntaskan sembilan balapan dengan rincian tiga kali runner-up di Austria, Emilia-Romagna, dan Catalunya.

Lalu tiga kali podium ketiga di San Marino, Aragon dan Teruel, serta sekali finis kelima, keempat, dan ke-11. Joan kini kukuh di puncak klasemen dengan 137 poin, unggul 14 angka di depan Fabio Quartararo.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.