Tak Dapat Izin Kepolisian, Lanjutan Liga 1 Dan 2 Terancam Kembali Ditunda

Ilustrasi Liga 1 2020.

 

HALO SPORT – Polri akhirnya tak mengeluarkan izin keramaian atau rekomendasi untuk penyelenggaraan kelanjutan Shopee Liga 1 2020.

Padahal kompetisi akan segera digulirkan lagi dengan PSS Sleman menjamu Persik Kediri sebagai laga pembuka akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (1/10/2020).

Setidaknya ada tiga alasan yang membuat Polri enggan memberikan rekomendasi gelaran Shopee Liga 1. Utamanya karena tingginya kasus Covid-19 di Indonesia.

Dengan pertimbangan itu, Polri enggan mengeluarkan izin keramaian. Di satu sisi, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebenarnya sudah memutuskan lanjutan kompetisi tak boleh dihadiri oleh penonton.

“Terkait Liga 1 dan 2 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Oktober 2020, Polri tidak mengeluarkan izin keramaian dengan pertimbangan, situasi pandemi Covid-19 di mana jumlah masyarakat yang terinfeksi masih terus meningkat,” kata Humas Mabes Polri, Irjen Pol Argo Yuwono kepada wartawan, Senin (28/9/2020) malam.

“Kedua, Polri sudah mengeluarkan maklumat dan penegasan tidak akan mengeluarkan izin keramaian di semua tingkatan. Ketiga, Polri bersama TNI serta stakeholder terkait, sedang konsentrasi mendukung kebijakan pemerintah untuk melaksanakan Operasi Yustisi di semua jajaran,” katanya lagi.

Sementara Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita menyampaikan tanggapannya setelah Polri tak memberikan izin penyelenggaraan Liga 1 dan 2 2020. Dirinya tak ingin terburu-buru memberikan respons.

“Kita tunggu saja keterangan resmi dari PSSI,” ujarnya, Selasa, (29/9/2020).

Sebelumnya, PT LIB sudah melakukan berbagai persiapan untuk melanjutkan Liga 1 2020.

Di antaranya adalah menyusun jadwal baru, menetapkan tempat pertandingan, membuat protokol kesehatan, hingga membuat regulasi pemain baru. Klub-klub peserta juga sudah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari untuk melanjutkan kompetisi pada bulan Oktober 2020.

Liga 1 2020 sebelumnya ditunda sejak 16 Maret 2020 akibat pandemi Covid-19. Ketika ditunda, Liga 1 2020 baru berjalan selama tiga pekan. Persib Bandung masih menjadi pemuncak klasemen sementara Liga 1 2020 dengan perolehan 9 poin.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.