in

Tak Banyak Yang Tahu, Akar Siwalan Dapat Dimanfaatkan untuk Wedang Rempah

Foto ilustrasi siwalan/dok.

 

HALO SEMARANG – Mendengar kata siwalan, masyarakat biasa memanfaatkan buahnya untuk komponen minuman segar pelepas dahaga selain buah kelapa muda.

Di Desa Candisari, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, masyarakatnya bukan hanya mengkonsumsi buahnya, melainkan juga mengambil akar pohon siwalan yang diolah sebagai campuran wedang rempah.

“Selain buahnya, akar pohon siwalan dijemur biar kering, sesudah itu baru dicampurkan dengan rempah-rempah yang lain,” kata Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Candisari, Muhamad Sholeh Kasun saat ditemui di Balai Desa Candisari, Jumat (24/9/2021).

Sholeh mengatakan, tidak ada perbedaan yang signifikan racikan wedang rempah berkomposisi akar siwalan dibanding wedang rempah lainnya. Ia menyebut sama seperti wedang rempah pada umumnya, sebab rempah lain lebih mendominasi. Alhasil kalah dengan aroma dari rempah yang lainnya.

Ia juga membaurkan bahan lain yang ditemui di sekitar gubuknya. Seperti alang-alang yang membanjiri tanah lapang di Desa Candisari.

“Wedang rempah Candisari ini, selain dikombinasikan dengan akar siwalan, juga ada alang-alang Candisari. Jadi kebanyakan rempah yang ada, dikombinasikan dengan campuran bahan yang khas dari desa Candisari,” terangnya.

Di masa seperti ini, banyak masyarakat yang sedang mengincar bahan-bahan herbal untuk kesehatan. Menurutnya dengan meminum wedang rempah akar siwalan, dapat meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh.

“Sekarang ini, karena pandemi banyak orang yang mencari rempah akar siwalan. Sebab rempah tersebut kan herbal, jadi bisa menyehatkan badan,” ucapnya.

Pangsa pasarnya, lanjut Sholeh, tidak hanya di Kabupaten Demak dan sekitarnya. Dengan mengkombinasikan media sosial, produknya yang tak sampai ratusan ribu itu telah banyak diserbu oleh masyarakat dari luar kota.

“Kebanyakan peminatnya dari luar daerah, karena wedang rempah ini biasa dijual melalui media sosial,” tuturnya.

Ia berharap, ke depan produk olahannya dapat menjadi bagian atau oleh-oleh dari paket wisata Desa Candisari. Dengan begitu, selain menikmati alam yang disediakan juga dapat merasakan segarnya wedang rempah akar siwalan.

“Desa kami ini menjadi desa wisata dengan SK 2020. Nanti akan kami susun paket wisata wedang rempah siwalan, sebagai minuman khas Desa Candisari,” paparnya.(HS)

Share This

Warga Semarang Tengah Ditemukan Meninggal Dunia Usai Jatuh Dari Atap

Jadi Kota Sehat, Angka Harapan Hidup Warga Semarang Meningkat Tajam