Tak Ada Jaringan Internet Gratis, Babinsa Fasilitasi Tethering Siswa Belajar Online

Babinsa Sertu Kiswanto saat mendampingi para siswa SDN 4 Sendangkulon belajar di pinggir pantai.

 

HALO KENDAL – Tak adanya akses jaringan internet wifi gratis, menyebabkan sejumlah siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas pembelajaran dalam jaringan atau online.

Namun hal ini cepat direspon oleh Satgas TMMD dengan menurunkan Babinsa Desa Sendangkulon, Kecamatan Kangkung, Kendal.

Adalah Babinsa Sertu Kiswanto yang mendapatkan tugas untuk membantu siswa SD 4 Sendangkulon, Kendal yang sedang belajar di salah satu gasebo di tepi pantai Pening tak jauh dari sekolahanya.

“Kami memfasilitasi jaringan wifie melalui tethering. Tujuannya, untuk membantu para pelajar dan guru yang kesulitan jaringan internet karena tak ada wifi kabel,” terang Sertu Kiswanto, Kamis (22/10/2020).

Di tempat yang sama, Pasiter Kodim 0715/Kendal, Kapten Inf Cahyono menambahkan, tak hanya memfasilitasi kemudahan dalam belajar, pihaknya juga memberikan pemahaman kepada para siswa akan pentingnya melakukan pembiasaan hidup sehat.

“Anak-anak ini perlu kita edukasi tentang pentinganya protokol kesehatan agar terhindar dari virus corona,” jelas Kapten Inf Cahyono.

Rasa tanggap dan sikap peduli Satgas TMMD dan Babinsa itu mendapatkan apresiasi dari guru dan orang tua murid SDN 4 Sendangkulon.

Seperti diungkapkan Suyadi (54), guru SDN yang terletak persis di pinggir laut utara Jawa tersebut. Ia mengucapkan terima kasih atas perhatian TNI yang telah susah payah membantu kesulitan para pelajar karena tak adanya jaringan internet dari wifi kabel.

“Meski melalui tethering, anak-anak bisa tetap mengerjakan tugasnya. Ini jarang terjadi, karena selama ini kami hidup di daerah yang terisolir jauh dari semua fasilitas pendidikan dan kesehatan pada umumnya,” ungkapnya.

Proyek TMMD Reguler 109 ini merupakan proyek berkelanjutan, sehingga harapan masyarakat ke depan dengan selesainya akses jalan dan penerangan yang dilaksanakan TNI melalui TMMD ini, maka akan mempermudah masuknya jaringan internet serta wifi.

“Di samping itu, juga akan berimbas pada kemajuan bidang pendidikan, ekonomi dan pariwisata pantai Pening Desa Sendangkulon ini,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.