in

Tak Ada Aturan Gol Tandang pada Musim Depan

Aleksander Ceferin.

 

HALO SPORT – Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) akan menghapus aturan gol tandang untuk semua kompetisi antarklub di Eropa. Keputusan ini mulai berlaku musim 2021-2022.

Aturan gol tandang sudah beberapa tahun terakhir menjadi perdebatan. Arsene Wenger, mantan manajer Arsenal, sejak 2013 menjadi salah satu orang yang vokal agar aturan itu ditiadakan.

Berdasarkan rekomendasi dari Komite Kompetisi Klub UEFA dan Komite Sepak Bola Perempuan UEFA, dan Komite Eksekutif UEFA, maka Presiden UEFA Aleksander Ceferin memutuskan untuk menghapus aturan gol tandang.

Tim-tim yang memiliki agregat seimbang dari dua pertemuan, bakal berlanjut ke tambahan waktu dua kali 15 menit, tanpa mempertimbangkan banyaknya gol tandang.

Penghapusan gol tandang ini tak cuma berlaku saat ada kedua tim bertemu di fase gugur. Gol tandang juga tidak dipakai dalam menentukan peringkat sebuah tim di fase grup jika ada dua atau lebih tim memiliki poin sama.

Kriteria yang diutamakan adalah produktivitas gol. Menurut Ceferin, pada kenyataannya, aturan itu sekarang menghalangi tim tuan rumah, terutama pada leg pertama, untuk menyerang.

‘’Tim tuan rumah takut kebobolan gol yang akan memberi lawan keuntungan besar,’’ tutur Ceferin dalam laman resmi UEFA.

Penghapusan aturan gol tandang diharapkan membuat sepak bola lebih menyerang dan menghibur.(HS)

Share This

41 Dosen USM Ikuti Pelatihan Pekerti

Pembalap Superbike Gantikan Posisi Morbidelli