in

Taj Yasin Apresiasi Siswa SD Peraih Medali di Kompetisi Internasional

Para siswa peraih medali di ajang World Young International and Innovation Award (WYIIA) 2021 di Rumania Eropa Timur mendapat kesempatan bertemu Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen di Rumah Dinasnya, Rabu (25/8/2021).

 

HALO SEMARANG – Para siswa peraih medali di ajang World Young International and Innovation Award (WYIIA) 2021 di Rumania Eropa Timur mendapat kesempatan bertemu Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen di Rumah Dinasnya, Rabu (25/8/2021).

Siswa-siswi tersebut berasal dari SD Isriati Baiturrahman 1 yang berama Annisa Alifia Zahra, Rahajeng Gianata Amalina, Anggito Khayru Nafis, dan Satria Ibtibhawira Nezar Natalegawa.

Wakil Kepala Sekolah, Sri Lestari sebagai pembimbing tim mengatakan, anak-anak didiknya berhasil meraih medali silver (juara II), setelah “bertarung” menghadapi 400 tim yang berasal dari 35 negara.

Tim SD Isriati Baiturrahman I mengajukan karya ilmiah yang dikemas dengan judul “E-RAINBOW-ZYME: An Alternative Innovation of Waste Reduction for Environmentally Friendly and Non-Toxic Mopping Liquid”.

Mendengar itu, Taj Yasin meminta salah satu siswa untuk mempresentasikan penelitiannya dalam bahasa Inggris.

Dengan percaya diri, Annisa Alifia Zahra memberikan penjelasan mengapa timnya memilih topik pengurangan sampah dengan memanfaatkan limbah organik.

Presentasi singkat Annisa pun disambut tepuk tangan meriah. Meski masih usia SD, prestasinya patut diapresiasi tinggi karena sudah di tingkat internasional. Terlebih, kompetisi yang diikuti di bidang science (ilmu pengetahuan).

Taj Yasin yang bangga dengan prestasi para siswa SD itu mengatakan, Pemerintah Provinsi Jateng akan mendorong para siswa tersebut untuk mengembangkan kemampuannya.

“Ada dari sekian anak didik yang mengikuti lomba internasional. Bahkan yang mengikuti ada 35 negara, dan ada sekitar 400 tim yang mengikuti lomba internasional. Dan mereka, adik-adik mendapatkan silver,” tuturnya.

Pada September mendatang, lanjutnya, mereka akan kembali mengikuti kompetisi lanjutan yang merupakan pengembangan hasil penelitian sebelumnya.

Insyaa-Allah akan dilanjutkan di bulan September, akan mengikuti lomba internasional juga. Kita doakan bersama-sama semoga bisa mendapatkan gold. Sehingga bisa menjadi kebanggaan kita,” harapnya.

Sementara itu, dr Setya Dipayana sekretaris umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Perwakilan Kota Semarang yang ikut hadir di rumah dinas Wagub Jateng mengatakan, anak-anak tersebut sudah saatnya diangkat ke permukaan.

“Ternyata di tengah pandemi yang cukup berat ini, anak kita masih bisa dan bersemangat untuk berprestasi,” katanya.

Dengan demikian ia berharap anak-anak tersebut mampu menjadi pacuan bagi para orang tua dan anak-anak lain di Indonesia.

Untuk itu, IDAI juga membuat webinar secara rutin melalui media sosial, untuk memberikan informasi terkair proses tumbuh kembang anak.

“Hal itu untuk mempermudah akses masyarakat mendapatkan edukasi tentang pemantauan dan stimulasi tumbuh kembang yang baik dan benar,” tutupnya.(HS)

Share This

Gara-gara Sosok Ini, Ganjar Dibuat Kagum Saat Meinjau Serbuan Vaksinasi Covid-19 Koarmada II

Pembelajaran Tatap Muka di Kota Semarang Dimulai Tanggal 30 Agustus 2021