in

Tahun 2021, Pemkot Semarang Akan Bangun Empat Taman

Taman Museum Kota Lama Semarang, akan dibangun Disperkim pada tahun 2021 ini.

 

HALO SEMARANG – Selain pembangunan Taman MT Haryono di Jalan MT Haryono, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang berencana membangun tiga taman lain. Yakni Taman Nol Kilometer di depan Kantor Pos Besar Johar, Taman Kaliwiru, dan Taman Museum Kota Lama/Taman Bubakan.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang, Ali mengatakan, tahun 2021 ini pihaknya akan membangun empat taman, termasuk Taman MT Haryono yang ditarget rampung pada tahun 2021 ini.

“Untuk konsep, DED-nya semua taman sudah ada, tinggal ditawarkan kepada pihak swasta, maupun BUMN dan lainnya. Nantinya, pembangunan fisik dilakukan pihak swasta, dengan CSR-nya. Ada juga taman yang dibangun sendiri dengan dana APBD,” katanya, Jumat (3/9/2021).

Sementara Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakaman Disperkim Kota Semarang, Murni Ediati mengatakan, konsep dari empat taman tersebut masing-masing berbeda, dengan mengambil ciri khas lokal Semarangan.

“Misalnya kalau di taman MT Haryono dikonsep bernuansa pecinan atau China Town. Dengan ditanami jenis tanaman bambu hias sebagai background taman. Diharapkan, taman ini kalau sudah rampung bisa jadi ikon, tetenger dan instagramble bagi pegowes dan lainnya,” terangnya.

Taman Museum Kota Lama atau Taman Bubakan, juga dikonsep dengan motif batik Semarangan.

“Taman Bubakan nanti juga dilengkapi lampu di dalam krawangan itu. Lalu bisa menyorotkan motif batik ke lantai. Krawangan motif batik ini untuk pemanis juga menampilkan nuansa etnik yang biasanya ditempatkan di elemen bangunan publik, ataupun kantor pemerintahan,” paparnya.

Sedangkan taman Nol Kilometer, lanjut Pipie, saat ini masih ditawarkan pihak swasta untuk dibangun. Konsepnya juga akan menampilkan ciri khas Semarangan.

“Kalau di Taman Kaliwiru, rencananya menampilkan penari Semarangan, kami juga melibatkan para seniman lokal Semarang untuk menggarapnya. Mereka kami ajak untuk bersama-sama membangun Kota Semarang, dengan sentuhan karya monumental mereka,” pungkasnya.(HS)

Share This

Ganjar Sidak Tri Lomba Juang Ingatkan Prokes

Hendi Beri Lampu Hijau Bagi Bioskop dan CFD Bisa Buka