Suzuki Berprestasi berkat Filosofi Selangkah demi Selangkah

Joan Mir (kiri) dan Alex Rins/dok.

 

HALO SPORT – Suzuki menjadi sorotan setelah berhasil menunjukkan performa memesona dan konsisten pada MotoGP musim 2020. Meski belum mampu mencetak kemenangan pada musim ini, Alex Rins dan Joan Mir, sanggup tampil kuat di semua lintasan.

Selain konsistensi, Suzuki mendapat cap ‘’Raja Comeback’’ selepas Rins dan Mir selalu menghadirkan momok bagi rival mereka pada lap-lap terakhir. Balapan MotoGP Catalunya menjadi bukti.

Rins dan Mir dengan leluasa menyalip pembalap lain sejak paruh kedua perlombaan hingga meraih podium ganda. Suzuki Ecstar kini menempati posisi kedua pada klasemen tim dengan koleksi 160 poin.

Raihan itu yang paling baik di antara tim pabrikan lain di MotoGP. Pencapaian Suzuki membuat kepala proyek mereka, Shinichi Sahara, sangat senang.

Sahara menilai motor GSX-RR 2020 telah mencapai ekspektasi yang diinginkan. ‘’Saya tahu motor kami dikembangkan dengan filosofi selangkah demi selangkah,’’ ungkap Sahara seperti dikutip Suzuki-MotoGP.

Pihaknya memiliki harapan tinggi agar motor bisa bekerja dengan baik bersama dua pembalap yang hebat. Musim lalu, Suzuki menunjukkan potensi mereka melalui dua kemenangan yang dicetak Rins di GP Americas dan GP Inggris.

Kemajuan lain berhasil dicapai pabrikan Hamamatsu sehingga motor mereka terlihat kuat di semua sirkuit pada musim ini. Menurut Sahara, perubahan yang mereka lakukan juga menyentuh semua bagian.

Perubahan itu meliputi bagian sasis, bodywork, mesin, dan elektronik. Semua hal dilakukan untuk memperbaiki performa motor.

Sahara mengaku belum puas. Dia masih ingin memperbaiki masalah utama Suzuki dalam menemukan kecepatan saat sesi kualifikasi.

Posisi start yang tidak ideal terbukti menghalangi kesempatan Rins dan Mir untuk bersaing di depan sejak awal perlombaan. Terlepas dari masalah motor, Shinichi memuji kualitas dua pembalapnya.

‘’Saya tak pernah memiliki keraguan apa pun terhadap performa pembalap kami,’’ tandasnya.

Shinichi kian kagum dengan pencapaian Mir. Rider asal Spanyol ini memimpin pasukan Suzuki Ecstar dalam perburuan gelar juara MotoGP 2020 dengan menempati posisi kedua dalam klasemen sementara.

Joan mengumpulkan 100 poin, terpaut delapan angka dari pimpinan klasemen Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT). Sementara Alex menduduki urutan kedelapan (60 poin).

Absennya juara bertahan Marc Marquez membuat persaingan sangat ketat. Mir berpeluang menggeser Quartararo kalau tampil prima pada balapan berikutnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.