in

Survei Pilkada 2024, Jateng Berpeluang Dipimpin Generasi Muda

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno berbicara pada Diskusi Publik bertajuk Peluang Pemimpin Muda dalam Pilkada Jawa Tengah 2024 yang digelar baru-baru ini.

HALO SEMARANG – Hasil survei yang digelar Aksara pada awal tahun ini menunjukkan bila generasi muda di Jateng lebih suka dipimpin oleh pemimpin muda. Pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Dico Ganinduto mendapatkan tingkat keterpilihan tertinggi sebesar 31,8 persen.
Pasangan Wali Kota Solo dan Bupati Kendal itu mengungguli pasangan lain seperti Hendrar Prihadi (Hendi)-Taj Yasin dan Gibran-Hendi yang disimulasikan dalam survei tersebut.

“Dua pemimpin muda tersebut dinilai berhasil memimpin daerahnya masing-masing, sehingga dipandang layak untuk memimpin Jawa Tengah ke depan,” ujar Direktur Eksekutif Aksara Research and Consulting, Hendri Kurniawan dalam diskusi publik bertajuk ‘Peluang Pemimpin Muda dalam Pilkada Jawa Tengah 2024’ di Kota Semarang, Rabu (5/4/2023).

Hendri mengungkapkan, fenomena munculnya pemimpin-pemimpin muda di Jawa Tengah membawa harapan tersendiri bagi masa depan bangsa dan negara Indonesia. Ia berharap ke depan akan banyak muncul pemimpin-pemimpin muda yang menjadi kepala daerah di wilayah lainnya.

“Beberapa daerah di Jawa Tengah yang dipimpin oleh anak muda terbukti memiliki kinerja pelayanan pemerintahan yang optimal,” tambahnya.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menambahkan, pasangan Gibran dan Dico sudah memiliki bekal yang cukup bagus. Menurut dia, pasangan ini merupakan replika politik kaum muda yang dianggap memiliki penetrasi dan kinerja yang cukup menjanjikan di wilayahnya masing-masing.

“Ketika melihat nama Gibran-Dico, saya bilang ini pasangan cocok. Usianya di bawah 40 dan punya prestasi,” imbuhnya yang menjadi salah satu pembicara pada acara tersebut.

Hadir juga sebagai pembicara pada diskusi yakni akademisi Undip Retna Hanani dan tokoh muda nahdliyin Wan Fadel. Retna pada kesempatan itu mengakui bila elektabilitas kedua pemimpin muda tersebut cukup tinggi. Pada sisi lain, pemilih muda pada pilkada tahun depan juga sangat menentukan mengingat jumlahnya yang mencapai 50-an persen.

Seperti yang diketahui, Gibran saat ini menjabat Wali Kota Solo sementara Dico adalah Bupati Kendal. Keduanya cukup populer terutama di kalangan generasi muda dan menunjukkan kemampuannya sebagai pemimpin daerah yang tak kalah cakap dibanding mereka yang lebih senior.(HS)

Puncak Rangkaian Kompetisi Bisnis Digital Santriprenuer Shopee Barokah di Solo, Gibran Beri Apresiasi Modal Usaha dan Paket Umrah Bagi Produk Santri Terbaik

Kesbangpol Batang Gencarkan Sosialisasi Tangkal Radikalisme