Sumpah Pemuda Battle V60, Uji Kelihaian Meracik Kopi Khas Kendal

Para pemenang meracik kopi berlabel Sumpah Pemuda Battle V60 foto bersama di sebuah cafe di Jalan Tentara Pelajar Patebon, Rabu (28/10/2020).

 

HALO KENDAL – Independent Coffee Kendal menggelar lomba meracik kopi berlabel Sumpah Pemuda Battle V60 di sebuah cafe, di Jalan Tentara Pelajar Patebon, Rabu (28/10/2020).

Ketua panitia, Abi mengatakan, lomba yang pertama kali digelar oleh komunitas pemilik cafe di Kendal tersebut, diikuti 24 peserta. Kopi yang diracik adalah kopi asli lokal Kendal.

“Peserta lomba memang kami batasi, hanya 24 orang, karena dalam kondisi pandemi. Peserta juga hanya dari lokal Kendal,” terangnya.

Tujuannya selain memperingati 92 tahuni Hari Sumpah Pemuda, juga untuk mengangkat kopi asli Kendal.

“Karena ini baru pertama kali menggelar lomba, maka pesertanya khusus lokal Kendal. Mungkin ke depan bisa mengadakan dengan peserta dari luar daerah Kendal juga,” ungkap Abi.

Salah satu juri dari Kota Semarang, Haryo Kurniawan mengatakan, lomba ini sesuai dengan standar lomba, sehingga berjalan lancar.

Haryo berharap ke depan, lomba bisa ditingkatkan lagi. Tidak hanya dari lokal Kendal, tetapi bisa tingkat Jawa tengah, bahkan tingkat nasional.

Dijelaskan, ada 7 kriteria penilaian, yakni aroma, flavour, aftertaste, balance, body, overall, acidity yang dinilai para juri.

“Para peserta rata-rata sudah bisa menyajikan dengan bagus, untuk menentukan penilaian ya secara keseluruhan dari kriteria itu harus bagus,” ungkap Haryo.

Dari hasil penilaian tim juri, akhirnya terpilih sebagai juara M Saiful Azis dari Ngampel, kemudian runner-up Ghifari AG dari Kendal, dan pemenang ketiga Agam Gusma dari Limbangan.

“Atas prestasinya para juara mendapatkan piagam dan uang pembinaan,” pungkas Haryo.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.