in

Sumarsono Kembali, Anggota DPRD Jepara Genap 50 Orang

Pelantikan politikus Partai Nasdem, Sumarsono sebagai anggota DPRD Kabupaten Jepara, untuk masa jabatan hingga 2024. (Foto : Jepara.go.id)

 

HALO JEPARA – Jumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara, kembali genap 50 orang. Satu kursi yang semula kosong di lembaga tersebut, Kamis (18/11) kembali terisi dengan dilantiknya politikus dari Partai Nasdem, Sumarsono.

Dia mengucapkan sumpah/janji sebagai pengganti antarwaktu anggota DPRD Kabupaten Jepara masa jabatan tahun 2019 – 2024.

Pengambilan sumpah dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Jepara Haizul Ma’arif bersama dua wakilnya, Pratikno dan KH Nuruddin Amin. Hadir pula  Asisten 1 Sekda Jepara, Dwi Riyanto mewakili Bupati Jepara Dian Kristiandi, serta unsur forum komunikasi pimpinan daerah.

Sebelum pengucapan sumpah atau janji, pimpinan rapat mempersilakan Sekretaris DPRD Kabupaten Jepara Deni Hendarko, untuk membacakan Keputusan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, tentang mengesahkan pengangkatan tersebut. Dalam surat itu disebutkan, Sumarsono telah memenuhi persyaratan untuk diangkat sebagai anggota DPRD Kabupaten Jepara.

“Hal ini sesuai berita acara dari KPU Kabupaten Jepara,” kata Deni Hendarko.

Proses pelantikan berlangsung singkat. Usai pengucapan sumpah/janji, Ketua DPRD Haizul Ma’arif memasangkkan pin anggota dewan milik Sumarsono. Selanjutnya menyerahkan SK pengangkatan kepada politisi asal Desa Kaligarang, Kecamatan Keling tersebut.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Dwi Riyanto, Bupati Dian Kristiandi berpesan agar Sumarsono langsung menyesuaikan diri dengan atmosfer di DPRD Kabupaten Jepara, agar dapat langsung menyatu dengan tugas dan kewajiban sebagai wakil rakyat.

“Penting untuk melakukan komunikasi intensif dengan anggota dewan yang telah lebih dulu bertugas. Juga dengan pimpinan dan seluruh alat kelengkapan dewan,” pesan Andi.

Ketua DPRD Haizul Ma’arif mengatakan, berdasar Peraturan dan Tata Tertib DPRD Kabupatten Jepara, anggota antarwaktu menempati alat kelengkapan anggota yang digantikan.

“Oleh karena itu, Saudara Sumarsono menjadi anggota Badan Anggaran dan Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Jepara,” kata Haiz.

Dilantiknya Sumarsono sebagai anggota DPRD Kabupaten Jepara memastikan dia kembali menjadi wakil rakyat.

Sebelumnya, suami Icuk Sumiyati ini pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Jepara, pada periode 2014 – 2019. Pada periode ini, dia menggantikan Hadi Patenak yang meninggal dunia pada Rabu, 7 Juli 2021. (HS-08)

Share This

Muslimat NU Jepara Gelar Pembekalan Pemulasaraan Jenazah Perempuan

Sirkuit Dian Rakashima Jepara Menebar Manfaat Untuk Warga