Sukses Suzuki Sudah Dirancang sejak 2018

Carchedi (kiri) dan Mir/dok.

 

HALO SPORT Sukses Joan Mir menjadi juara dunia MotoGP 2020 diklaim Suzuki sudah dirancang sejak 2018. 

Mir di puncak klasemen pembalap dengan mengemas 171 poin. Pembalap asal Spanyol itu membukukan satu kemenangan dan tujuh podium untuk merampas gelar dari tangan Marc Marquez (Repsol Honda). 

Keberhasilan Joan tak lepas dari performa motor GSX-RR. Kepala kru Mir, Frankie Carchedi, membenarkan GSX-RR mengalami peningkatan terutama pada pengereman dan performa yang dibangun sejak dua tahun lalu.

‘’Langkah dengan motor itu lebih besar dari yang orang pikirkan. Kami punya rencana dua tahun dan benar-benar memberi Joan waktu selama enam bulan pada tahun lalu,’’ ujar Carchedi kepada Speedweek

Frankie menjelaskan pihaknya membuat banyak perubahan setiap pekan sehingga Mir bisa memahami motornya. Hasil pengembangan ini membuat sang pembalap puas menunggangi GSX-RR. 

Meski motor ini merupakan model lama, Suzuki berhasil menciptakan GSX-RR menjadi ergonomis atau mudah dikendarai bagi pembalapnya. Tim mekanik tahu betul cara mengubah posisi.

‘’Kami gunakan motor lama untuk menemukan setelan yang optimal. Memang banyak yang berubah,’’ tutur Carchedi.

Penegerjan setelan motor dilakukan selama musim dingin. Pengembangannya pun diterapkan sedikit demi sedikit.

Frankie berharap musim depan performa Suzuki tetap oke. Kendati sudah menjadi juara dunia pembalap dan tim, pihaknya tak mau berleha-leha.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.