Sukses Gerakkan Masyarakat, Bupati Pati Raih Penghargaan Proklim

Bupati dan jajaran berfoto bersama di Ruang Pringgitan Pendopo Kabupaten Pati, setelah mengikuti acara penyerahan penghargaan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, secara virtual. (Foto : patikab.go.id)

 

HALO PATI – Bupati Pati Haryanto menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Pembina Program Kampung Iklim tahun 2020.

Apresiasi ini diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan secara virtual, Jumat pagi (23/10).

Bertempat di Ruang Pringgitan Pendopo Kabupaten Pati, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati dan Kades Langse Kecamatan Margorejo, Bupati Pati menyaksikan rangkaian acara penerimaan apresiasi tersebut.

Untuk diketahui, Kabupaten Pati berada di urutan ke-6 kategori Kabupaten se – Indonesia.

Bupati Pati Haryanto mengatakan pihaknya telah berupaya menggerakkan masyarakat agar berperan mengelola kampung, desa, kota dalam Program Kampung Iklim (Proklim).

“Jadi manakala kita mendapatkan penghargaan, bukan karena kita dekat dengan kementerian, pemprov atau pemangku kepentingan yang lain. Namun karena kita benar – benar membina dan mengelola sekaligus mengedukasi kepada masyarakat agar mereka peduli terhadap lingkungan,” kata Bupati.

Oleh karena itu, lanjut Bupati, dengan semangat yang muncul karena mendapat apresiasi ini, masyarakat dan jajaran pemerintah diharapkan terus berupaya menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan, untuk menjaga dan melestarikannya.

“Jadi penghargaan ini adalah hal yang luar biasa. Sebab dari 516 Kabupaten Kota se – Indonesia, tidak semua mendapatkan penghargaan ini. Hanya sebanyak 38 daerah yang berhasil memperoleh penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut,” kata dia, seperti dirilis patikab.go.id.

Adapun desa di Kabupaten Pati yang terpilih sebagai percontohan di tahun 2020 ialah Desa Langse Kecamatan Margorejo. Tahun 2019 lalu, Pemkab Pati juga meraih penghargaan sebagai Pembina Proklim atas keberhasilan mendorong pengendalian perubahan iklim di beberapa desa. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.